//

KEBERMAKNAAN HIDUP WANITA YANG PERNAH DIPOLIGAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Mutia J - Personal Name

Abstrak/Catatan

Poligami yang mengundang pro dan kontra menyita perhatian masyarakat sehingga menimbulkan masalah. Hal ini diakibatkan banyak praktek poligami dimasyaraka t yang tidak sejalan dengan apa yang sudah menjadi ketentuan dalam agama Islam sehingga poligami menjadi salah satu penyebab perceraian di Aceh. Poligami yang dilandasi ketidakadilan dapat menyebabkan istri yang dipoligami merasa sedih dan kecewa. Menurut Schultz (1991) perasaan sedih dan kecewa dapat menimbulkan penderitaan, situasi penderitaan menuntut individu untuk menemukan makna hidup sehingga individu tersebut memiliki alasan untuk meneruskan kehidupannya. Berdasarkan hal diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebermaknaan hidup wanita yang pernah dipoligami.Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah lima orang ibu rumah tangga yang berdomisili di Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi yang menggunakan wawancara dan observasi selama kurang lebih 3 bulan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan semua partisipan merasa hidupnya kehilangan makna setelah suami mereka berpoligami. Empat dari lima partisipan memilih bercerai, banya satu partisipan yang memilih mempertahankan pernikahan walaupun suami telah menikah lagi. Wanita yang pernah dipoligami merasakan ketidakadilan, kekerasan hingga berkurangnya perhatian dan kasih sayang suami. Poligami yang terjadi memicu hilangnya kebahagiaan dalam rumah tangga sehingga menimbulkan kesedihan, penderitaan dan kekecewaan. Hal tersebut menyebabkan hilangnya tujuan hidup dan menyebabkan wanita yang pemah dipoligami merasa kehidupannya tidak bermakna. Kata kunci : Kebermaknaan hidup (meaning oflife), poligami

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

KEBERMAKNAAN HIDUP PADA ISTRI YANG MENCERAI GUGAT SUAMI (M.Yasin Saputra, 2014)

KEBERMAKNAAN HIDUP MANTAN PECANDU NAPZA DI BANDA ACEH (Dina Maghfirah Nasution, 2014)

KEBERMAKNAAN HIDUP (MEANING OF LIFE) NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN BANDA ACEH (Rahmi Maulida Yanti, 2020)

KEBERMAKNAAN HIDUP PRIA GAY DI KOTA BANDA ACEH (MURSAL SIDIQ, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy