PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DAEAH PENAMBANGAN EMAS TRADISIONAL(STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA PANTON LUAH KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DAEAH PENAMBANGAN EMAS TRADISIONAL(STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA PANTON LUAH KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN)


Pengarang

Martunis - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0710101010013

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Sosiologi (S1) / PDDIKTI : 69201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Judul penelitian ini adalah Perubahan Sosial Masyarak.at di Daerah Penambangan Emas tradisional (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Panton Luah Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan). Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan (Bupati dan Camat Kecamatan Sawang) untuk dapat meningkatkan pemahaman masyarak.at tentang dampak kegiatan penambangan emas yang dilakukan secara tradisional. Kepala Desa Panton Luah dan masyarak.at dapat mensosialisaikan kepada penambang dampak kegiatan penambangan emas yang dilakukan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa luas pengaruh dari penambangan emas di Desa Panton Luah Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, dan untuk: mengetahui apakah tambang ini membawa kemaslahatan penduduk lokal dan para pendatang. Manfaaat penelitian ini adalah penambang emas pada umumnya dan khususnya penambang emas Desa Panton Luah Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan guna mengetahui tentang dampak yang ditimbulkan dari kegiatan penambangan emas tersebut untuk dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan ke depan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desk.riptif kualitatif. Peneliti dilakukan dengan teknik penelitian sosial yang disebut penelitian lapangan (field research). Data penelitian yang dikumpulkan dengan teknik ini terdiri dari data yang nominal, berurutan (ordinal, interval, dan rasio). Sebagian infoprmasi (data) yang dikumpulkan dalam bentuk teks atau gambar sesuai dengan topik penelitian. Data primer yang ada dalam penelitian ini diperoleh dari survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala desa, tokoh-tokoh masyarakat dan penambang emas. Mengingat subjek penelitian yang homogen, maka sampel hanya diambil 90 orang penambang emas untuk diwawancarai. Proses sampling akan dilakukan dengan teknik simple random sampling atau random sampling sederhana. Analisa data kualitatif diperoleh dari proses pengamatan, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari kuestioner.

Hasil penelitian menunjuk:kan bahwa perubahan masyarakat pertambangan tradisional terdapat beberapa indikator seperti rendahnya tingkat pengetahuan penambang yang masih menggunakan secara manual, tingkat kesehatan masyarakat penambang rata-rata baik, tingkat pendapatan berada di atas Rp. 2.000.000 - Rp. 3.000.000 juta, dari tingkat perilaku atau gaya hidup sudah berada pada tahap sejahtera dengan memiliki pera1atan rumah lengkap dan dari tingkat pendiclikan berada pada tingkat SMA.

Kata Kunci: Perubahan Sosial, Masyarak:at dan Penambangan Emas

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK