PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADARNMATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IVRNMIN BUKIT BARO 1 MONTASIK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADARNMATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IVRNMIN BUKIT BARO 1 MONTASIK


Pengarang

ernita hanum - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104110091

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Pecahan, Hasil Belajar.
Pendekatan kontekstual merupakan salah satu pendekatan yang mengaitkan
antara materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, sehingga diharapkan pendekatan
ini dapat mengatasi masalah siswa di MIN Bukit Baro 1 Montasik yakni siswa kurang
memahami materi penjumlahan pecahan. Akibat dari masalah tersebut hasil belajar
menjadi rendah tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, penulis mengadakan penelitian yang berjudul “Penerapan
Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Penjumlahan Pecahan di Kelas IV MIN Bukit
Baro 1 Montasik”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui
penerapan pembelajaran kontekstual siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi
penjumlahan pecahan di kelas IV MIN Bukit Baro 1 Montasik”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran
kontekstual di kelas IV MIN Bukit Baro 1 Montasik pada materi penjumlahan
pecahan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis
penelitian bersifat eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa
kelas IV MIN Bukit Baro 1 Montasik yang berjumlah 60 siswa. Sampel dari
penelitian ini ialah siswa kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes yang berbentuk isian. Data dianalisis dengan menggunakan
statistik uji-t, pada taraf signifikan = 0,05. Dari analisis data, diperoleh >
= 8,11 > 1,70. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, tolak dan
diterima. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan
pembelajaran kontekstual siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi
penjumlahan pecahan di Kelas IV MIN Bukit Baro 1 Montasik.
iii

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK