//

PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DARA ANTIKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Setiap manusia melakukan penyesuaian baik penyesuaian diri maupun penyesuaian sosial, begitu juga dengan remaja. Penyesuaian yang dilakukan setiap remaja berbeda- beda. Salah satu tempat remaja melakukan penyesuaian sosial adalah di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian sosial antara siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas reguler di SMAN Modal Bangsa Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif melibatkan 183 siswa SMAN Modal Bangsa Aceh yang terdiri dari 41 siswa kelas akselerasi dan 142 siswa kelas reguler. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dan II untuk kelas akselerasi dan siswa kelas X dan XI untuk kelas reguler. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Penyesuaian Sosial yang disusun berdasarkan aspek-aspek penyesuaian sosial yang menurut Schneiders. Analisis data menggunakan teknik t-test independent samples. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan penyesuaian sosial yang signifikan antara siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas reguler di SMAN Modal Bangsa Aceh yang ditunjukkan dengan hasil mean kelas akselerasi (207,20) lebih besar daripada nilai mean kelas reguler (205,30) dan berada pada kategori baik. Artinya penyesuaian sosial siswa akselerasi dan siswa kelas reguler relatif berada pada kategori penyesuaian sosial yang baik. Kata kunci: penyesuaian sosial, siswa kelas akselerasi, siswa kelas reguler.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SISWA KELAS XII IPA AKSELERASI DENGAN KELAS XII IPA REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR PADA MATERI STOIKIOMETRI RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Rahmad Rizki Fazli, 2014)

PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMARN(SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH) (Teza Nia Rianti, 2014)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER UNGGULAN SEKOLAH RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (SUATU PENELITIAN TERHADAP SISWA DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012) (Sofianur, 2021)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (ANA MARIANA, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (Rahmat Ikbal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy