PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA (BULL.) FRIES) PADA KOMBINASI MEDIA TANAM JERAMI DAN AMPAS KOPI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA (BULL.) FRIES) PADA KOMBINASI MEDIA TANAM JERAMI DAN AMPAS KOPI


Pengarang

IRFA MASYURA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103010047

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Masyura, Irfa. (2020). Pertumbuhan dan Produktivitas Jamur Merang (Volvariella volvacea (Bull.) Fries) pada Kombinasi Media Tanam Jerami dan Ampas Kopi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Samingan, M.Si., (2) Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed.
Kata-kata Kunci: Jamur Merang, Jerami, Ampas Kopi, Pertumbuhan, Produktivitas.
Media jamur merang pada umumnya adalah jerami. Ampas kopi merupakan salah satu limbah yang dapat dijadikan alternatif media tanam jamur merang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan dan produktivitas jamur merang pada media tanam ampas kopi, serta untuk mengetahui perbandingan kombinasi media tanam yang optimal bagi pertumbuhan dan produktivitas jamur merang. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Nonfaktorial yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang dimaksud adalah 100% jerami (P0) sebagai kontrol positif, 75% jerami dan 25% ampas kopi (P1), 50% jerami dan 50% ampas kopi (P2), 25% jerami dan 75% ampas kopi (P3), serta 100% ampas kopi (P4). Data dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dan dilakukan uji lanjut berupa Beda Nyata Jujur (BNJ) dan Duncan (JNTD). Hasil penelitian ini menunjukkan kombinasi media tanam jerami dan ampas kopi berpengaruh terhadap pertumbuhan (diameter dan berat basah) jamur merang, namun tidak berpengaruh terhadap produktivitas (jumlah) jamur merang. Kombinasi media tanam jamur merang yang optimal adalah perlakuan P2 dengan kombinasi 50% jerami dan 50% ampas kopi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK