ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTES LITERASI MATEMATIKA TAHUN 2019 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTES LITERASI MATEMATIKA TAHUN 2019


Pengarang

Khairunnisak - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103020018

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rendahnya peringkat Indonesia dalam hasil PISA membuat Pemerintah Indonesia mengupayakan berbagai hal untuk meningkatkan peringkat Indonesia di kancah Internasional. Kontes Literasi Matematika (KLM) adalah salah satu upaya Indonesia untuk mensosialisasikan bentuk soal PISA kepada guru dan siswa di Indonesia. KLM telah dilaksanakan sejak tahun 2010, namun di Aceh sendiri KLM baru dilaksanakan pada tahun 2013 dan menjadi salah satu kegiatan rutin Tim PRP-PMRI Unsyiah. Adapun pelaksanaan KLM tahun 2019 ini melibatkan beberapa Mahasiswa Pendidikan Matematika Unsyiah, salah satunya adalah penulis. Saat bertugas memeriksa jawaban siswa, ditemukan beberapa siswa yang mampu menyelesaikan soal KLM dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses siswa dalam menyelesaikan soal KLM tahun 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang disajikan dalam kalimat deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pemenang KLM tahun 2019 yang berjumlah 3 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah soal KLM yang telah divalidasi oleh TIM PRP-PMRI Unsyiah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa dokumentasi jawaban siswa dan pedoman wawancara yang dianalisis menggunakan indikator penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal KLM. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses siswa dalam menyelesaikan soal KLM tahun 2019 berbeda-beda antar siswa, hal ini terlihat mulai dari cara siswa menganalisis soal, menyususun bukti, memperkirakan jawaban, serta memberi penjelasan terhadap proses solusi. Perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya: 1) faktor personal (berupa minat dan motivasi diri); 2) kemandirian belajar siswa (sering membahas soal secara mandiri atau bersama guru les privat); 3) lingkungan sekolah (sekolah boarding atau non boarding, serta kegiatan dan fasilitas belajar yang memadai). Dengan adanya gambaran proses ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Penyelesaian Soal, Kontes Literasi Matematika (KLM).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK