ANALISIS KOMPETENSI MITIGASI BENCANA PADA PERAWAT DI PUSKESMAS SEKERAK DAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KOMPETENSI MITIGASI BENCANA PADA PERAWAT DI PUSKESMAS SEKERAK DAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG


Pengarang

Afrida Jayanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1612101010006

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
18 Agustus 2020

xiv + VI BAB + 66 halaman + 12 tabel + 1 skema + 13 lampiran
AFRIDA JAYANTI
1612101010006

ANALISIS KOMPETENSI MITIGASI BENCANA PADA PERAWAT DI PUSKESMAS SEKERAK DAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG
ABSTRAK
Bencana adalah peristiwa yang mengancam jiwa dan mengganggu kehidupan masyarakat disebabkan oleh faktor alam, non alam dan faktor manusia. Upaya untuk mengurangi dampak bencana dilakukan dengan mitigasi bencana. Mitigasi bencana dinilai dapat dilakukan melalui pengurangan risiko bencana. Peningkatan mitigasi bencana dilakukan dengan memahami risiko bencana, penguatan tata kelola risiko, investasi pengurangan risiko, meningkatkan manajemen risiko, pencegahan penyakit, promosi kesehatan serta pengembangan kebijakan dan perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mitigasi bencana pada perawat di Puskesmas Sekerak dan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Jenis penelitian berupa deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study. Sampel penelitian adalah seluruh perawat yang bekerja di Puskesmas Sekerak dan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 42 responden. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 08-29 Juni 2020 dengan menggunakan Google-form dalam skala dikotomi yang berjumlah 38 pertanyaan berdasarkan kombinasi dari ICN-WHO (2009) dan Sendai framework (2015). Analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mitigasi bencana perawat berada dalam kategori cukup (61,9%), memahami risiko bencana (47,6%), penguatan tata kelola risiko bencana (54,8%), pencegahan penyakit (76,2%), promosi kesehatan (61,9%), pengembangan kebijakan dan perencanaan (35,7%) berada pada kategori baik, sedangkan investasi pengurangan risiko bencana (42,9%) berada pada kategori cukup, serta meningkatkan manajemen risiko bencana (64,3%) berada pada kategori kurang. Direkomendasikan kepada petugas kesehatan dan pihak puskesmas untuk meningkatkan manajemen risiko bencana melalui keikutsertaan dalam pelatihan kebencanaan dan kegawatdaruratan.

Kata Kunci : Kompetensi, Perawat, Mitigasi Bencana, Pengurangan Risiko
Bencana, Puskesmas
Daftar Bacaan : 11 buku, 3 skripsi, 38 jurnal, 11 artikel (2006-2020)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK