PENGARUH ALAT PERAGA KOTAK SEKAT HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DI KELAS III SDN 7 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH ALAT PERAGA KOTAK SEKAT HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DI KELAS III SDN 7 BANDA ACEH


Pengarang

Afrida Lestari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406104040039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, sekaligus dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika di SD. Dengan alat peraga perkembangan kognitif siswa akan aktif dan dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran. Penelitian ini berupaya menerapkan alat peraga Kotak Sekat Hitung untuk membantu pemahaman siswa pada materi operasi Pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kotak sekat hitung terhadap hasil belajar siswa pada operasi pembagian bilangan cacah di Kelas III SDN 7 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Pre Experimental Design dengan model One Shot Case Study. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas III SDN 7 Banda Aceh yang terdiri dari satu kelas yaitu 34 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling Jenuh atau Total Sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 34 siswa di kelas III. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal berbentuk isi titk-titik pada pertemuan ketiga pembelajaran pembagian. Pengolahan data menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan.
Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t????????????????????? = 2,75. Dengan taraf signifikan 0,05 dan banyak kelas interval k = 6. Maka dk = n – 1 = 34 –1 = 33 diperoleh t_((0.95)(33)) = 1,690. Karena t????????????????????? > t????????????????l yaitu 2,75 > 1,690 maka hipotesis H0 ditolak sehingga mengakibatkan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kotak sekat hitung terhadap hasil belajar siswa pada operasi pembagian bilangan cacah di kelas III SDN 7 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK