Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGARUH ALAT PERAGA KOTAK SEKAT HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI PEMBAGIAN BILANGAN CACAH DI KELAS III SDN 7 BANDA ACEH
Pengarang
Afrida Lestari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406104040039
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, sekaligus dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika di SD. Dengan alat peraga perkembangan kognitif siswa akan aktif dan dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran. Penelitian ini berupaya menerapkan alat peraga Kotak Sekat Hitung untuk membantu pemahaman siswa pada materi operasi Pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kotak sekat hitung terhadap hasil belajar siswa pada operasi pembagian bilangan cacah di Kelas III SDN 7 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Pre Experimental Design dengan model One Shot Case Study. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas III SDN 7 Banda Aceh yang terdiri dari satu kelas yaitu 34 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling Jenuh atau Total Sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 34 siswa di kelas III. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal berbentuk isi titk-titik pada pertemuan ketiga pembelajaran pembagian. Pengolahan data menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan.
Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t????????????????????? = 2,75. Dengan taraf signifikan 0,05 dan banyak kelas interval k = 6. Maka dk = n – 1 = 34 –1 = 33 diperoleh t_((0.95)(33)) = 1,690. Karena t????????????????????? > t????????????????l yaitu 2,75 > 1,690 maka hipotesis H0 ditolak sehingga mengakibatkan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kotak sekat hitung terhadap hasil belajar siswa pada operasi pembagian bilangan cacah di kelas III SDN 7 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PROSES SCAFFOLDING BAGI SISWA YANG MENGALAMI DISKALKULIA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (AYU PRATIWI RAHMATUNISAH, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH (Azalia Chaira, 2014)
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 3 BANDA ACEH (Rahmah Fitra Ulfa, 2020)
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA FRACTION STRIPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN PECAHAN DI KELAS V SDN LAMSAYUEN ACEH BESAR (RAIHANI FADHILA, 2022)
KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS II DI SD NEGERI KILOMETER SEBELAS SUBULUSSALAM (Maryanti, 2017)