KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH


Pengarang

RAFIDATUL CHAIRIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104040079

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Chairida, Rafidatul. 2020. Kesiapan Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Negeri 1 Kota Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

(1) Drs. Sulaiman, M.Si (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd
Kata Kunci : kesiapan, anak berkebutuhan khusus
Kesiapan adalah segala sesuatu yang meliputi kesiapan fisik, mental dan kognitif. Begitupun dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus guru harus memiliki kesiapan yang matang. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 1 Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 guru yang menangani anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, display dan conclusion drawing.
Hasil penelitian menyatakan kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus bahwa sudah semua guru kelas membuat RPP namun RPP yang di siapkan belum sesuai dengan anak berkebutuhan khusus, membuat evaluasi untuk mengukur hasil belajar, secara keseluruhan guru sudah mampu beradaptasi dengan baik namun masih ada guru yang belum bisa berkomunikasi dengan baik, sudah menunjukkan perasaan positif namun masih ada guru yang belum menunjukkan perasaan positif terhadap anak berkebutuhan khusus, sudah terlihat berkomunikasi dengan baik, sudah membuat pembelajaran anak menjadi bermakna walaupun masih ada yang belum melakukannya, guru sudah memfokuskan perhatian anak walaupun masih ada juga guru yang belum melakukannya, setiap guru sudah terlihat memberikan penghargaan atau pujian, kemudian menjabarkan dan menjelaskan namun belum semua guru melaksanakan hal tersebut, membantu anak mencapai disiplin diri namun masih ada guru kelas yang belum melakukan hal tersebut. Maka banyak guru kelas yang belum siap dalam menangani anak berkebutuhan khusus karena kurangnya pemahaman guru tentang penanganan anak berkebutuhan khusus

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK