//

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, DAN RECYCLE) DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MEGA SOFIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Program Reduce, Reuse, dan Recycle (3R) merupakan program pengelolaan sampah yang dimulai dari hulu ke hilir melalui pengurangan, memanfaatkan kembali, dan mendaur ulang. Untuk menyelenggarakan program tersebut dalam skala kawasan di Kecamatan Meuraxa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui program padat karya tunai telah membangun fasilitas Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R di Gampong Lambung dan Surien. Kegiatan penyelenggaraan TPS 3R ini menekankan pada pelibatan masyarakat dan pemerintah daerah demi keberhasilan dalam pengelolaannya. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3R ini dalam skala kawasan, maka perlu dilakukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3R di Kecamatan Meuraxa dan mengevaluasi tingkat keberhasilan pengelolaan TPS 3R di Gampong Lambung dan Surien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner dan metode kualitatif melalui observasi serta wawancara. Identifikasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3R dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada penduduk Kecamatan Meuraxa. Evaluasi pengelolaan TPS 3R dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Gampong Lambung dan Surien. Pengolahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisa data menggunakan analisis deskriptif melalui software Statistical Product and Service Solution (SPSS) 26 dan analisis skoring (pembobotan) melalui Petunjuk Teknis (Juknis) Direktorat Jenderal Cipta Karya (2017). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Kecamatan Meuraxa hanya kadang-kadang berpartisipasi dalam pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3R dengan mean sebesar 2,964. Upaya reduce dan reuse masyarakat hanya kadang-kadang ikut berpartisipasi dengan mean sebesar 3,266 dan 2,855, sedangkan upaya recycle masyarakat jarang ikut berpartisipasi dengan mean sebesar 2,421.Pengelolaan TPS 3R di Gampong Lambung mempunyai tingkat keberhasilan yang sedang dengan nilai relatif sebesar 17,45, sedangkan pengelolaan TPS 3R di Gampong Surien mempunyai tingkat keberhasilan yang baik dengan nilai relatif sebesar 19,35. Kata Kunci: Partisipasi, masyarakat, pengelolaan, sampah, TPS, 3R

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, DAN RECYCLE) DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (MEGA SOFIA, 2020)

KAJIAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PROGRAM 3R GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Farizah Hanum, 2018)

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU M HAFIZH, 2018)

PENGARUH STATUS EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG GEUCE INEUM KOTA BANDA ACEH (DELSAN MAULANA, 2019)

HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANGKRUENG KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DUSUN COT SIBATI) (RIZA RAMADHAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy