PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA


Pengarang

HUSNUL AINI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103030049

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Husnul Aini.2020.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Leraning Berbasis Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed., (2) Drs. Ngadimin, M.Si
Kata Kunci: LKPD, STEM, Literasi Sains

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran fisika. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Kelayakan LKPD diukur dengan hasil validasi LKPD dan angket respon yang diberikan kepada subjek yaitu 2 orang guru. Hasil keseluruhan validasi LKPD menunjukkan skor rata-rata 4 yang termasuk ke dalam kategori setuju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau biasa disingkat dengan R&D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 2 orang. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket respon dan wawancara yang dibagikan kepada tiap guru.Pengolahan data dilakukan melalui analisis statistik menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata keseluruhan angket respon guru, diketahui bahwa respon subjek keseluruhan adalah setuju. Dari kedua pengukuran didapati bahwa LKPD berbasis pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK