//

RANCANG BANGUN PEMBAWA BUKU OTOMATIS MENGGUNAKAN ROBOT BERODA BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NIZAM SALIHIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Abstrak- Sistem layanan otomasi perpustakaan menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan pada perpustakaan salah satunya yaitu sistem pencarian buku melalui aplikasi smartphone atau desktop. Hanya saja solusi ini masih mengharuskan pemustaka untuk mengambil buku secara manual sehingga membutuhkan waktu dan tenaga. Pada penelitian ini dilakukan perancangan prototype robot beroda yang berfungsi untuk mengambilkan buku dari rak buku ke pemustaka secara otomatis. Robot dengan ukuran p × l× t(30 × 40 × 50) cm, dilengkapi 4 unit motor DC (direct current) sebagai penggerak dan menerapkan sistem line follower sebagai navigasi robot, sehingga robot mampu bergerak secara otomatis. Permukaan robot dilengkapi dengan motor stepper NEMA17 sebagai aktuator vertical linear motion yang akan membuat permukaan robot begerak secara vertical. Robot yang dirancang dilengkapi dengan teknologi IoT (Internet of Things) sehingga robot mampu terhubung dengan server database perpustakaan. Hasil pengujian prototype robot yaitu robot dengan total berat mencapai 2,92 Kg serta mampu membawa buku hingga 1000 gram dengan ukuran maksimal buku mencapai p × l × t (30 × 17 × 30) cm. Robot mengkonsumsi daya sebesar 30,336 Watt dengan tegangan 12V. Sedangkan hasil pengujian vertical linear motion dengan persetanse kesalahan tertinggi 0,73%. Kata kunci: Robot Beroda, Perpustakaan, IoT, Sistem Layanan Automasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN RAK OTOMATIS MENGGUNAKAN ROBOT KARTESIAN BERBASIS IOT (MUHAMMAD ANDRY MAULANA, 2020)

RANCANG BANGUN MOBILE ROBOT PEMINDAH MATERIAL TIPE STEERING DIPANDU SENSOR WARNA SEBAGAI LINTASAN PERGERAKAN (Nurzahri, 2018)

MOBIL AUTONOMOUS DIPANDU MENGGUNAKAN SENSOR LINTASAN (Muhammad Reza Valevi, 2016)

RANCANG BANGUN PROTOTYPE ROBOT LENGAN 6 DOF DENGAN KONTROL ANDROID MENGGUNAKAN METODE FORWARD KINEMATICS (Decka Nesya Putra, 2020)

IMPLEMENTASI PROTOTIPE PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKRO: BIT BBC (NADIA PRATIWI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy