PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM


Pengarang

RIZKI KUSUMA DEWI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101040037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Dewi, Rizki Kusuma. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Geografi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Baitussalam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

Pembimbing:
1) Drs. Thamrin K., M.Si
2) Daska Azis S.Pd.,M.A

Kata Kunci: Perbandingan hasil belajar, Problem Based Learning, Learning Start With A Question

Penelitian ini berkaitan dengan perbandingan hasil belajar Peserta didik dari dua model pembelajaran yaitu Problem Based Learning dan Learning Start With A Question. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 1 Baitussalam.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Ngeri 1 Baitussalam berjumlah 43 peserta didik. Pengambilan samling dilakukan dengan teknik purposive sampling diambil hanya dua kelas yaitu XI-IS1 sebanyak 17 peserta didik dan XI-IS2 sebanyak 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test pada peserta didik, yakni post test. Hasil pengolahan post test kemudian digunakan untuk membuktikan hipotesis. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t dengan kriteria uji jika thitung > tTabel maka Ha diterima. Setelah dilakukan uji t-test diperoleh thitung = 0,68 dan pada taraf signifikan 5% dan dk = 35diperoleh tTabel = 1,68. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Larning tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Baitussalam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK