//

GAMBARAN PERAN KADER KESEHATAN TENTANG PROGRAM KB DI KECAMATAN DARUSSALAM RNACEH BESAR TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eva Hayani - Personal Name
SubjectHEALTH CARE FAISLIITES
BIRTH CONTORL - HEALT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI Juli 2014 XIV + VI bab + 61 halaman + 16 tabel + 1 skema + 14 lampiran EVA HAYANI 1007101020004 GAMBARAN PERAN KADER KESEHATAN DALAM PROGRAM KB DI KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2014 ABSTRAK Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai ujung tombak pembangunan kesehatan mengemban misi untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam hal hidup sehat melalui pemberdayaan masyarakat yaitu dengan membentuk kader di setia desa. Salah satu peran kader adalah mensukseskan program KB yang merupakan hal penting untuk membentuk Norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera (NKKBS) yang merupakan program penting yang dicanangkan pemerintah. Oleh sebab itu, peran kader dalam program KB sangat dibutuhkan. Di Kecamatan Darussalam, kader kesehatan sudah melaksanakan perannya dalam program KB dengan baik, namun ada beberapa hal yang menunjang terlaksananya program KB belum dilakukan seperti menjelaskan mengenai metode KB pada setiap kunjungan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran kader dalam program KB di Kecamatan Darussalam Aceh Besar tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi berjumlah 153 orang dengan metode pengambilan sampel adalah proportional random sampling berjumlah 67 orang. Instrumen penelitian adalah kuesioner berjumlah 28 pernyataan. Analisa data menggunakan univariat. Hasil penelitian didapatkan peran kader tentang Program KB di Kecamatan Darussalam Banda Aceh tahun 2014 berada pada kategori baik (55,2%) yaitu peran kader sebagai penyuluh berada pada kategori baik (58,2%), peran kader sebagai pengamat perkembangan kesehatan ibu berada pada kategori baik (61,2%), peran kader sebagai pemberi layanan dan kunjungan rumah berada pada kategori baik (58,2%), peran kader sebagai motivator berada pada kategori baik (56,7%), peran kader sebagai pembuat catatan dan laporan berada pada kategori baik (65,7% dan peran kader sebagai pelaksana Posyandu berada pada kategori baik (50,7%). Disarankan kepada para kader kesehatan agar terus aktif mengajak para ibu dengan jumlah anak yang lebih dari 2 untuk menjadi akseptor KB karena melihat hasil penelitian bahwa kader belum melakukan hal tersebut dengan baik. Kata Kunci : Peran kader, program KB Daftar Bacaan : 24 Buku, 7 skripsi, 3 jurnal, 3 artikel (2001-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Pathul Barri, 2016)

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN 2013 (Anzaryani, 2014)

PENGETAHUAN DAN PERAN KADER POSYANDU TENTANG GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD SAYUTHI, 2016)

PERAN KADER DALAM PENYULUHAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Enni Yusnita, 2016)

HUBUNGAN KEMAMPUAN IBU DALAM MERAWAT BAYI DENGAN MASALAH KESEHATAN BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (cut sari mufti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy