//

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN QUIET BOOK DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HELEN ANGGIATUTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anggiatuti, Helen. 2020. Mengembangkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Permainan Quiet Book di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Taat Kurnita Yeniningsih, S.Pd, M.Pd Kata kunci : kemampuan anak, mengenal huruf, permainan quiet book Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana mengembangkan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan quiet book di TK IT Mon kuta Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan quiet book di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Metode penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdapat 4 unsur yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B3 yang berjumlah 7 orang anak yang terdiri dari 2 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan unjuk kerja yang dilakukan pada kegiatan inti melalui permainan quiet book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I anak yang mendapat kriteria belum berkembang adalah 1 orang anak yaitu anak belum mampu mengenal 1-6 lambang huruf vokal dan lambang huruf konsonan pada permainan quiet book dan anak yang mendapat kriteria mulai berkembang adalah 6 orang anak yaitu anak sudah mampu mengenal 7-12 lambang huruf vokal dan lambang huruf konsonan pada permainan quiet book. Dan pada siklus II anak yang mendapat kriteria belum berkembang adalah 1 orang anak yaitu anak belum mampu mengenal 1-6 lambang huruf vokal dan lambang huruf konsonan pada permainan quiet book, anak yang mendapat kriteria mulai berkembang adalah 1 orang anak yaitu anak sudah mampu mengenal 7-12 lambang huruf vokal dan lambang huruf konsonan pada permainan quiet book dan anak yang mendapat kriteria berkembang sesuai harapan adalah 5 orang anak yaitu anak sudah mampu mengenal 13-18 lambang huruf vokal dan lambang huruf konsonan pada permainan quiet book. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa melalui permainan quiet book dapat mengembangkan kemampuan anak mengenal lambang huruf vokal dan lambang huruf konsonan di TK IT Mon Kuta Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL AKSARA MELALUI MEDIA HURUF AMPELAS DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (HAIRA, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI PERMAINAN POHON HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK BUNGONG SELEUPOEK (Rifkafil Ardilla, 2020)

MEMPERKENALKAN HURUF ABJAD MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK TK SATU ATAP SDN 2 LAMTEUBA KABUPATEN ACEH BESAR (Ellizyar Sahnun, 2018)

PENGEMBANGAN QUIET BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS KEBUDAYAAN ACEH (SUHAILA, 2018)

MENGEMBANGKAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (NANI KHAIRANI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy