//

ANALISIS PENYEDIAAN DAN TINGKAT KEBUTUHAN AIR BERSIH UNTUK AKTIVITAS PENANGKAPAN IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang DESDE MONA VRIDIA RANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja merupakan pelabuhan perikanan terbesar di Provinsi Aceh. Pelabuhan perikanan berfungsi untuk memberikan pelayanan dalam kegiatan operasi penangkapan ikan. Agar terjaminnya kelancaran aktivitas penangkapan ikan, kapal memerlukan perbekalan melaut dalam jumlah yang cukup, salah satunya adalah air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penyediaan dan tingkat kebutuhan air bersih untuk aktivitas penangkapan ikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menganalisa tingkat kebutuhan air bersih yang dibutuhkan oleh nelayan untuk aktivitas penangkapan ikan. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa penyediaan air bersih untuk aktivitas penangkapan ikan menggunakan agen-agen air, dimana kebutuhan air bersih untuk aktivitas penangkapan ikan secara teoritis sebesar 7.497.871,247 ton/tahun yang terdiri dari KAM sebesar 34.412,7 ton/tahun, KAI sebesar 7.462.402,19 ton/tahun dan KAP sebesar 1.056,36 dan kebutuhan air bersih untuk aktivitas penangkapan ikan secara aktual yaitu sebesar 13.237,52 ton/tahun yang hanya terdiri dari KAM karena kebutuhan air bersih untuk pencucian hasil tangkapan dan pencucian palka menggunakan air kolam labuh. Hal tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan aktual air bersih masih jauh dibawah kebutuhan teoritisnya. Kata kunci: Air Bersih, Tingkat Kebutuhan, Pelabuhan Perikanan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI USAHA PENANGKAPAN IKAN HIU DENGAN RAWAI DASAR (BOTTOM LONGLINE) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH (Leni Afriani, 2019)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA IKAN CAKALANG DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA LAMPULO KOTA BANDA ACEH (MAY SETYO NINGSIH, 2020)

ANALISIS BIOEKONOMI SUMBER DAYA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) DI PERAIRAN UTARA ACEH (ANANDA TASSA RIHADATUL AISY, 2020)

PENGARUH AKTIVITAS PENDARATAN DAN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN TERHADAP SANITASI DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH (MAWADAH, 2020)

STATUS PENGELOLAAN PERIKANAN CAKALANG TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI EAFM PADA DOMAIN SUMBERDAYA IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA, KOTA BANDA ACEH (Ratna Sari, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy