FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014


Pengarang

ALFI POPPY MAILANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101020092

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN
ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN
BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN
SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014
ABSTRAK
Anak-anak dilahirkan dengan mekanisme dan kemampuan untuk
mengembangkan bicara dan keterampilan berbahasa. Bagaimanapun, mereka
tidak dapat berbicara secara spontan. Lingkungan harus memberikan cara bagi
mereka untuk menguasai keterampilan ini. Peran aktif orangtua dalam
memberikan stimulasi perkembangan bahasa pada anak sangat diperlukan
terutama saat mereka masih pada tahap balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi pengasuhan orangtua
dalam pemberian stimulasi perkembangan bahasa pada anak usia toddler di
PAUD kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh Tahun 2014. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif pendekatan cross sectional study
dengan pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan tehnik
proporsional sampel dengan jumlah 85 responden. Uji analisis yang digunakan
adalah chi-square dengan nilai ? = 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada
hubungan antara usia orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa
(P-Value = 0,00). Ada hubungan antara keterlibatan ayah dengan pemberian
stimulasi perkembangan bahasa (P-Value = 0,002). Ada hubungan antara
pendidikan orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (P-Value
= 0,019) Ada hubungan antara pengalaman orangtua dengan pemberian stimulasi
perkembangan bahasa (P-Value = 0,008). Ada hubungan antara stres orangtua
dengan pemberian stimulasi perkembangan bahasa (P-Value = 0,003). Ada
hubungan antara hubungan orangtua dengan pemberian stimulasi perkembangan
bahasa (P-Value = 0,018). Saran bagi Ibu yang memiliki anak toddler agar dapat
memberikan stimulasi perkembangan bahasa pada anak sesuai dengan tahap
perkembangan agar anak dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal.
Kata Kunci : stimulasi, perkembangan bahasa, orangtua, toddler
Daftar Bacaan : 20 Buku, 3 Skripsi, 8 Jurnal, 4 Artikel (2000-2013)


THE AFFECTING FACTORS OF PARENTAL CARE IN LANGUAGE
DEVELOPMENT STIMULATION PROVISION IN TODDLERS IN
SCHOOL FOR EARLY EDUCATION IN SYIAH KUALA SUBDISTRICT
BANDA ACEH IN 2014
ABSTRACT
Children were born with ability and mechanism to develop talking and languange
skills. However, they can not talk spontaneously. Enviroment should provide the
way for them to power this skill. The role of parents in giving language
development stimulation for children is necessary, mainly during their toddler
period. The purpose of the research was to identfy correlation between affecting
factors of role of parent’s caring and language development stimulation provision
in toddlers in school for early education in Syiah Kuala subdistrict Banda Aceh in
2014. The type of the research was correlative descriptive with cross sectional
study approach and collection of samples used probability sampling with
proportional sample technique i.e 85 respondents. Analysis test was used chi
square with ? = 0,05. The result of the research showed there was correlation
between parents’ age and language development stimulation (P-Value = 0,0001).
There was correlation between father’s involvement and language development
stimulation(P-Value = 0,002). There was correlation between parents’ education
and language development stimulation(P-Value = 0,019). There was correlation
between parents’ experience and language development stimulation(P-Value =
0,008). There was correlation between parents’ stress and language development
stimulation(P-Value = 0,003). There was correlation between parents’
relationship and language development stimulation(P-Value = 0,018).
Recommendation for mothers with toddlers to provide language development
stimulation based on development phase. Hence, children can achieve optimum
growth and development.
Keywords : stimulation, language development, parents, toddler
References : 15 textbooks, 8 journals, 4 articles , 3 thesis (2000-2013

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK