//

HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL RNPADA REMAJA DI PANTI ASUHAN NIRMALARNBANDA ACEH 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raudhatul jannah - Personal Name
SubjectADOLESCENTS
EMOTIONAL INTELLIGENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI Juni 2014 XII halaman + VI BAB + 97 Halaman + 14 Tabel + 1Skema + 16 Lampiran RAUDHATUL JANNAH 1007101020010 HUBUNGAN KONSEP DIRI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH TAHUN 2014 ABSTRAK Konsep diri mencakup persepsi diri, penampilan, nilai, dan keyakinan yang mempengaruhi perilaku. Konsep diri terdiri atas 5 komponen yaitu, citra tubuh, ideal diri, harga diri, peran dan identitas. Konsep ini sangat berkaitan erat dengan kecerdasan emosional yaitu kemampuan untuk memonitor perasaan, emosi sendiri dan orang lain untuk membimbing perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri terhadap kecerdasan emosional pada remaja di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh Tahun 2014. Penelitian ini berbentuk Deskriptif Korelatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 09 Mei 2014 di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh. Jumlah sampel sebanyak 53 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang berbentuk skala Likert. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS dengan uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian untuk variabel konsep diri diperoleh hasil : citra tubuh berada dalam kategori negatif 29 orang (54,7%), ideal diri berada dalam kategori negatif 32 orang (60,4%), harga diri berada dalam kategori positif 27 orang (50,9%), peran berada dalam kategori positif 28 orang (52,8%), dan identitas berada dalam kategori positif 38 orang (71,7%). Gambaran hasil penelitian untuk variabel kecerdasan emosional diperoleh hasil pada kategori tinggi 30 orang (56,6%). Dari pengolahan data diperoleh nilai p value (0,000) < dari α (0,05) sehingga H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara konsep diri terhadap kecerdasan emosional pada remaja di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh. Disarankan kepada kepala panti untuk terus memberi bimbingan pada remaja sehingga konsep diri serta kecerdasan emosional remaja baik. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, Remaja Daftar Bacaan : 24 buku +1 Jurnal +10 skripsi (1997-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KONSEP DIRI ANTARA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN COTTAGE DENGAN REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ASRAMA (Misanti, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA ETNIS TIONGHOA DI KOTA BANDA ACEH (Ikhda Novita Putri, 2017)

GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK RNYANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN RNANAK DARUSSA’ADAH ACEH (YERNI HANIMAR, 2015)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH (Cut Elfira, 2013)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN KINERJA PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI BANDA ACEH (muzakkir, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy