//

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL GELANGGANG UNSYIAH AKIBAT PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marwah Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Simpang Gelanggang Unsyiah merupakan salah satu simpang bersinyal yang berada di Gampong Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Pada daerah ini terdapat dua kampus besar se-Aceh yang dihubungkan oleh simpang ini. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kinerja simpang yaitu penerapan Ruang Henti Khusus (RHK) sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan RHK pada Simpang Gelanggang Unsyiah. Penentuan kinerja simpang bersinyal yang menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 dan evaluasi penentuan kapasitas pada RHK di Simpang Gelanggang Unsyiah menggunakan Pedoman Perencanaan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Simpang Bersinyal di Kawasan Perkotaan. Data yang digunakan pada penelitian ini merupaka data primer dan data sekunder. Data primer meliputi geometrik jalan dan geometrik RHK, sedangkan data sekunder meliputi data jumlah penduduk dan data volume lalu lintas (Maulia, 2018). Hasil pengamatan penelitian sebelumnya (Maulia, 2018) menyatakan bahwa volume jam puncak tertinggi yaitu pada hari Rabu (28 Maret 2018) pukul 12.00-13.00 WIB sebesar 1586 skr/jam. Selanjutnya hasil perhitungan kinerja simpang bersinyal diperoleh derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,3-0,56 dengan panjang antrian 22,8-82,9 meter dan tundaan simpang sebesar 54,36 det/skr. RHK di simpang ini hanya teletak pada pendekat bagian selatan dan utara dengan dimensi lebar 5,6 meter dan panjang 7 meter. Luas Ruang Henti Khusus 22 m2 sehingga hanya dapat menampung 24 unit sepeda motor. Kata Kunci : Kinerja Simpang Bersinyal, Efektivitas RHK, Simpang Gelanggang Unsyiah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BPKP KOTA BANDA ACEH (ZIKKIRULLAH, 2020)

EFEKTIVITAS PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR DI SIMPANG AMD BATOH KOTA BANDA ACEH (Irmalisa Marfirrah, 2020)

ANALISIS JALUR KHUSUS RODA DUA PADA RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SIMPANG BERSINYAL JAMBOTAPE (Yeni Anggraini AY, 2019)

PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL SIMPANG JAMBO TAPE KOTA BANDA ACEH (Teuku Maulana Ansari, 2014)

KINERJA SIMPANG EMPAT GELANGGANG UNSYIAH DENGAN SKENARIO TANPA LAMPU LALU LINTAS (Agustiar Maulia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy