//

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anggun Fantaria - Personal Name
SubjectIMMUNIZATION - DISEASES CONTROL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 23 JUNI 2013 XV Halaman + VI Bab + 65 Halaman + 6 Tabel + 1 Skema + 16 Lampiran ANGGUN FANTARIA 1007101020081 HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BALITA DI WILAYAH KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2014 ABSTRAK Imunisasi merupakan upaya yang dilakukan dengan sengaja memberikan kekebalan pada bayi atau anak sehingga anak terhindar dari penyakit. Keberhasilan seorang bayi dalam mendapatkan 5 jenis imunisasi dasar tersebut diukur melalui imunisasi dasar lengkap yaitu BCG, hepatitis B, DPT, polio dan campak sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Cakupan pelayanan imunisasi dasar pada bayi di Wilayah Kecamatan Darussalam Aceh Besar Tahun 2013 belum mencapai target UCI (Universal Child Immunization) sebesar 90%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kelengkapan imunisasi dasar pada balita di Wilayah Kecamatan Darussalam Aceh Besar Tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif melalui pendekatan cross sectional study dengan menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui wawancara terpimpin terdiri dari 25 item pernyataan. Data yang diperoleh dianalisis secara univariat dan bivariat, sedangkan uji statistik yang digunakan adalah chi-square. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kelengkapan imunisasi dasar pada balita dengan nilai P-value 0,000 (P-value 0,000 < α 0,05) yang berarti H 0 ditolak yang artinya ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kelengakapan imunisasi dasar pada balita di Wilayah Kecamatan Darussalam Aceh Besar tahun 2014. Diharapkan kepada puskesmas untuk memberikan penyuluhan dan memotivasi orangtua tentang pentingnya anak untuk di imunisasi. Kata Kunci : imunisasi dasar, pengetahuan, kelengkapan imunisasi Daftar Pustaka : 26 buku + 10 sumber online + 8 artikel (1995-2014)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, STATUS GIZI, DAN STATUS IMUNISASI DASAR TERHADAP KESEHATAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL KAMAL TAHUN 2013 (Elida Rosa Agustina , 2016)

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2014)

PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG IMUNISASI BALITA DI WILAYAH RNPUSKESMAS LAMPULO BANDA ACEH TAHUN 2015 (NANDAINI, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PEKERJAAN IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B0 DI POSYANDU PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (HABIBATURRAHMI, 2016)

PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (OCTAVINA SUSANTI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy