//

EVALUASI BIAYA DAN MUTU PADA PEMBANGUNAN PERUMAHAN PASCA BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Fahrial - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada tanggal 7 Desember 2016 terjadi Gempa bumi pada kabupaten Pidie Jaya, dengan kekuatan 6.5 SR dan telah banyak menyebabkan kerusakan di berbagai sektor publik. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dampak yang sangat besar terjadi di Kabupaten Pidie Jaya disektor perumahan masyarakat setidaknya terdapat 5.812 rumah rusak diantaranya 3.025 rusak berat, dan 2.787 rusak sedang. diantaranya sektor ibadah, pendidikan, kesehatan, sektor umum, serta rumah-rumah penduduk. Salah satu metode yang diadopsi pada rekonstruksi rumah adalah pendekatan dengan berbasis masyarakat. Dalam metode ini, masyarakat tidak hanya sebagai penerima manfaat, tetapi ikut serta dalam pelaksanaan rekonstruksi. jumlah dana bantuan yang diberikan oleh Pemerintah untuk rumah yang memiliki klasifikasi kerusakan berat adalah senilai Rp. 85.000.000 bersumber dari APBN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan merencanakan kembali biaya dan mengamati mutu pada perumahan bantuan korban gempa bumi di kabupaten Pidie Jaya. Data yang dikumpulkan yaitu data sekunder berupa studi literatur, dokumen Rencana Aksi dari Badan Naional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan gambar rumah bantuan bencana tipe 36. Sedangkan data primernya berupa hasil wawancara. Metode pengolahan data menggunakan rumus statistik, mean dan Analisa harga satuan (AHSP). Beradasarkan hasil wawancara dan pengamatan langsung dilapangan didapatkan bahwa rumah yang dibangun menggunakan tipe 36 dan uang yang ditetapkan terbilang cukup untuk membangun rumah dan menghasilkan rumah dengan mutu yang baik. Berdasarkan perhitungan biaya pada tahun 2020 menggunakan AHSP tahun 2016 memperoleh hasil sebesar Rp. 104.260.000 atau terjadi peningkatan sebesar Rp. 19.260.000. Kata kunci :Rekonstruksi, Gempa Pidie Jaya, Perumahan pasca bencana, Biaya Dan Mutu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN MUTU REKONSTRUKSI RUMAH PASCABENCANA DIKABUPATEN PIDIE JAYA (Sabri, 2018)

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA REKOSNTRUKSI RUMAH PASCABENCANA DI PIDIE JAYA (Reza Rizky, 2018)

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS RISIKO TERHADAP BIAYA PROYEK REKONSTRUKSI PERUMAHAN PASCA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA (YURIZAL CHAIRY, 2021)

PELAKSANAAN PASAL 21 UNDANG-UNDANG RI NO.24 TAHUN 2007 TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI 7 DESEMBER 2016 DI KABUPATEN PIDIE JAYA (T. Farhad Wardhana, 2018)

IDENTIFIKASI DAN ANALISA RISIKO TERHADAP WAKTU REKONSTRUKSI PERUMAHAN PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Ahmad Teddy Satria, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy