//

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemampuan berpikir kreatif diperlukan oleh peserta didik dalam menghadapi masalah sehari-hari. Kemampuan berpikir kreatif ini akan mampu membangun pemahaman dan pemecahan masalah matematika khususnya konsep geometri. Namun, faktanya pembelajaran matematika masih kurang menekankan kemampuan berpikir kreatif siswa Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah khususnya materi geometri di kelas V SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari hasil tes tulis dan wawancara siswa kelas V SD Muhmmadiyah 1 Banda Aceh. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tingkat kefasihan siswa sebesar 78,46%, tingkat fleksibel 27,69% dan tingkat kebaruan siswa 8,46%. Dari hasil TKBK siswa, maka dapat disimpulkan bahwa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah materi geometri di kelas V mulai berkembang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil TKBK siswa bahwa 62% siswa berada di TKBK 3, 15% berada di TKBK 4 dan TKBK 1, serta 8% siswa yang berada pada TKBK 0. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa mulai berkembang. Dari hasil tes dan hasil wawancara siswa membuktikan bahwa tingkat kefasihan, fleksibel dan kebaruan menunjukkan hasil yang cukup baik. Meskipun hasil tingkat fleksibel dan kebaruan masih tergolong rendah. Namun, hasil TKBK siswa menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif melalui pemecahan maalah materi geometri kelas V mulai berkembang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUKRNMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF RNDAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (Jumiati, 2014)

BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES (IDAWANI, 2020)

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017)

KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Hasanul Basri, 2019)

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy