PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 1 DARUL MAKMUR NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 1 DARUL MAKMUR NAGAN RAYA


Pengarang

Muhammad Arifin - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103020028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Muhammad Arifin, 2020. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMP Negeri 1 Darul Makmur Nagan raya. Skripsi jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas syiah Kuala. Pembimbing.

1). Dra. Bintang Zaura, M.Pd 2). Drs. Syahyuzar, M.Si.
Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia yaitu melalui pembelajaran matematika, tercapainya tujuan pembelajaran matematika membutuhkaan kemampuan berpikir yang kreatif, dari beberapa hasil penelitian mejelaskan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Pembelajaran matematika Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi kemampuan berpikir kreatif siswa. Model PBL ini dapat diterapkan pada materi bangun datar segi empat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreaif siswa setelah memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning terhadap materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 1 Darul Makmur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu true eksperimental jenis one-group pretest dan posttest group. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII-1 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes. Hasil analisis data diperoleh thitung =9,217 dan t_((0,95)(54))=1,7 atau thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa model pembelajaran Problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII-1 di SMP Negeri 1 Darul Makmur Nagan Raya.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Problem Based Learning, Bangun Datar Segi Empat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK