//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 1 DARUL MAKMUR NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Arifin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muhammad Arifin, 2020. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMP Negeri 1 Darul Makmur Nagan raya. Skripsi jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas syiah Kuala. Pembimbing. 1). Dra. Bintang Zaura, M.Pd 2). Drs. Syahyuzar, M.Si. Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia yaitu melalui pembelajaran matematika, tercapainya tujuan pembelajaran matematika membutuhkaan kemampuan berpikir yang kreatif, dari beberapa hasil penelitian mejelaskan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Pembelajaran matematika Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi kemampuan berpikir kreatif siswa. Model PBL ini dapat diterapkan pada materi bangun datar segi empat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreaif siswa setelah memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning terhadap materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 1 Darul Makmur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu true eksperimental jenis one-group pretest dan posttest group. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII-1 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes. Hasil analisis data diperoleh thitung =9,217 dan t_((0,95)(54))=1,7 atau thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa model pembelajaran Problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII-1 di SMP Negeri 1 Darul Makmur Nagan Raya. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Problem Based Learning, Bangun Datar Segi Empat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENGANALISIS KONSEP FISIKA MELALUI GRAFIK KINEMATIKA DI SMA NEGERI 2 DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA (Endah Muliana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy