//

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shabri - Personal Name
SubjectMEDICAL STUDENT
CURRICULUMS - HIGHER EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kurikulum Berbasis Kompetensi menuntut mahasiswa secara aktif dan mandiri menggali informasi untuk memecahkan masalah melalui metode problem based learning. Hal tersebut dapat menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa namun dapat juga sebaliknya jika tuntutan pembelajaran dirasa terlalu padat dan melelahkan. Setiap mahasiswa memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain yang dapat mempengaruhi motivasinya termasuk dalam hal kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian dengan motivasi belajar mahasiswa Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan mulai 22 Mei sampai 12 Juni 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa KBK Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang berjumlah 475 orang dengan sampel sebanyak 157 responden terdiri dari angkatan 2010, 2011, 2012, dan 2013 dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang pengumpulan datanya dilakukan melalui penyebaran angket. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tipe kepribadian dengan motivasi belajar mahasiswa (p = 0,103). Saran bagi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala agar mengoptimalkan mata kuliah psikologi kepribadian dengan menambahkan tes tipe kepribadian bagi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat lebih mengenal kepribadiannya untuk dapat memaksimalkan performa dalam kehidupan sehari-hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN STRES MAHASISWA PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASISRNKOMPETENSI DAN KURIKULUM BERBASIS ISI FAKULTAS KEPERAWATANRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2014 (Cut Sarach, 2014)

HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN RNKEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA MAHASISWA RNKURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI FAKULTAS RNKEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Asmiatijah, 2015)

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR ANTARA MAHASISWA KURIKULUM KONVENSIONAL DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2013 (Yursilisna, 2014)

GAMBARAN LOCUS OF CONTROL MAHASISWA KURIKULUMRNKONVENSIONAL DAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSIRNPADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANRNFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITASRNSYIAH KUALA TAHUN 2013 (Raisha Armaliza Bahar, 2014)

GAMBARAN LOCUS OF CONTROL MAHASISWA KURIKULUMRNKONVENSIONAL DAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSIRNPADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANRNFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITASRNSYIAH KUALA TAHUN 2013 (Raisha Armaliza Bahar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy