//

ANALISIS POTENSIAL KOROSI PADA BETON BUSA BERTULANG SG 1,4 DENGAN DAN TANPA SERAT POLYPROPYLENE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMATUL FADHILAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Suatu penelitian untuk mengurangi massa beton dilakukan guna menghasilkan beton yang ringan. Pembangunan konstruksi di daerah pesisir mengakibatkan tulangan beton rentan terhadap korosi pada struktur beton bertulang. Korosi tulangan dapat mengurangi dimensi dan kelekatannya pada beton sehingga terjadi perlemahan pada konstruksi. Selain berat, beton juga rentan terhadap retak. Solusi yang tepat untuk mengurangi keretakan pada beton adalah dengan penambahan serat, salah satunya serat polypropylene. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan ada dan tidak adanya pengaruh penambahan serat polypropylene terhadap potensial korosi tulangan beton busa. Benda uji berbentuk balok yang berdimensi 10×10×100 cm dengan tulangan D13. Variasi benda uji yang dibuat yaitu, benda uji dengan dan tanpa penambahan serat polypropylene, menggunakan anoda korban terhubung dengan dan tanpa serat polypropylene, dan menggunakan anoda korban tidak terhubung dengan dan tanpa serat polypropylene. Proses wet dry cycle dengan larutan NaCl 3,5% dilakukan selama 12 minggu (3 bulan) dan diiringi pengambilan data setiap 7 hari menggunakan alat ukur digital half-cell potential meter. Hasil pada benda uji balok yang tidak menggunakan anoda korban (B1TS;B1S) dan yang memiliki anoda korban tidak terhubung (B2TS;B2S) menunjukkan keempat benda uji tersebut sudah termasuk dalam kondisi tingkat korosi sangat tinggi menurut tabel ASTM C876. Berdasarkan Diagram Pourbaix, benda uji yang memiliki anoda korban terhubung (B3TS;B3S) sudah berada dalam wilayah transisi dari fase korosi ke fase immunity. Pada pengaruh penggunaan serat diperoleh potensial korosi terbesar terjadi pada beton busa bertulang berserat polypropylene (B1S) dengan rata-rata nilai potensial sebesar -616.752 mV dibandingkan dengan beton busa bertulang tanpa serat polypropylene (B1TS) yang memiliki nilai potensial sebesar -590.803 mV. Kata Kunci : Beton busa bertulang, Beton busa bertulang berserat polypropylene, potensial korosi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI POTENSIAL KOROSI BETON BUSA BERTULANG DENGAN POZZOLAN SEBAGAI BAHAN PENGISI MENGGUNAKAN METODE HALF-CELL POTENTIAL MAPPING (Ammar Ramzy, 2017)

ANALISIS POTENSIAL KOROSI TULANGAN PADA BETON BUSA BERSERAT POLYPROPYLENE SG 1,8 DENGAN PENGGUNAAN ANODA KORBAN (Nanda Masturah Hussein, 2018)

ANALISIS POTENSIAL KOROSI PADA BETON BUSA BERTULANG BERANODA KORBAN MENGGUNAKAN HALF-CELL POTENTIAL MAPPING (MIRZA ASHADI P, 2019)

ANALISIS POTENSIAL KOROSI TULANGAN PADA BETON BUSA BERSERAT POLYPROPYLENE SG 1,4 DENGAN PENGGUNAAN ANODA KORBAN (FARA QAMARA ELMYRA, 2018)

ANALISIS PENGGUNAAN POLYPROPYLENE FIBER, SERAT KAWAT BENDRAT DAN SERAT KARET BAN BEKAS TERHADAP PERILAKU GESER PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI (Yarmiza Anggriyani F, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy