//

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS RISIKO TERHADAP MUTU PROYEK REKONSTRUKSI PERUMAHAN PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BASRIJA AULIA RAHMAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bencana gempa yang melanda Kabupaten Pidie Jaya dengan kekuatan 6,5 skala richter pada tanggal 7 Desember 2016 lalu menjadikan daerah ini sebagai kawasan rehabilitasi dan rekonstruksi. Pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi dilakukan dengan menggunakan metode partisipasi masyarakat dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pidie Jaya. Namun, di dalam pelaksanaan rekonstruksi ini terdapat keluhan dari pihak masyarakat penerima bantuan terhadap mutu konstruksi rumah yang dibangun. Pengendalian mutu konstruksi bisa dilakukan dengan menerapkan manajemen risiko agar bisa meminimalisir risiko-risiko yang tidak diinginkan. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui peringkat risiko tertinggi yang berpengaruh terhadap mutu konstruksi rumah korban bencana gempa. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner selama ±2 bulan pada 58 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik snowball. Kuesioner berisikan variabel-variabel risiko yang didapat dari beberapa literatur. Pengujian instrumen kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis risiko terhadap kemungkinan (probability) dari suatu faktor risiko menggunakan Frequensi index (FI) sehingga dapat memperoleh faktor risiko dominan. Dampak risiko terhadap mutu konstruksi dianalisis dengan Severity inde dan untuk memperoleh tingkat risiko menggunakan probability impact matrix (PIM). Peringkat risiko tertinggi pada kuesioner BPBD adalah “Kurangnya kemampuan dalam manajemen proyek” dengan nilai 16, “Staf yang tidak berpengalaman, tidak memadai, terdiri dari: b. organisasi masyarakat (POKMAS)” untuk kuesioner konsultan manajemen dan “Latar belakang teknis dan pengalaman fasilitator yang tidak memadai pada proyek perumahan pasca bencana” untuk kuesioner POKMAS juga dengan nilai 16. Kata kunci : dampak risiko, mutu, rekonstruksi, perumahan, bencana

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS RISIKO TERHADAP BIAYA PROYEK REKONSTRUKSI PERUMAHAN PASCA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA (YURIZAL CHAIRY, 2021)

IDENTIFIKASI DAN ANALISA RISIKO TERHADAP WAKTU REKONSTRUKSI PERUMAHAN PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Ahmad Teddy Satria, 2020)

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA REKOSNTRUKSI RUMAH PASCABENCANA DI PIDIE JAYA (Reza Rizky, 2018)

PENGARUH PERAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT TERHADAP WAKTU PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI PERUMAHAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN PIDIE JAYA (MAJID SADRI, 2018)

EVALUASI BIAYA DAN MUTU PADA PEMBANGUNAN PERUMAHAN PASCA BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Ahmad Fahrial, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy