KAJIAN PENATAAN ULANG ON STREET PARKING PADA RUAS JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KAJIAN PENATAAN ULANG ON STREET PARKING PADA RUAS JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN KOTA BANDA ACEH


Pengarang

NAINA AMILA ALIFFIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1604101010097

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak

Jalan Sri Ratu Safiatuddin Kota Banda Aceh berada di kawasan pusat oleh-oleh dan pusat kuliner yang ramai dikunjungi sehingga fasilitas parkir sangat dibutuhkan. Jalan tersebut merupakan jalan kolektor sekunder dengan fasilitas parkir badan jalan (on street parking) pada bagian sisi kanan bahu jalan. Sudut parkir saat ini 60° untuk roda 4 dan 90° untuk roda 2. Terkait dengan wacana pemberlakuan sistem satu arah (SSA) oleh Dinas Perhubungan Aceh, maka terjadi perubahan arah masuk parkir. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola parkir yang layak pada kedua sisi bahu jalan dan perencanaan petak parkir untuk bus. Data yang diambil ialah kondisi geometrik jalan, volume dan durasi parkir. Pengambilan data selama 2 hari yaitu hari libur dan hari kerja selama 4 jam. Durasi parkir < 1 jam sebesar 34,05% dan > 1 jam sebesar 65,95%. Petak parkir yang sebelumnya sudah tersedia 107 unit yaitu 53 unit sisi kanan dan 5 unit sisi kiri untuk roda 4 serta 49 unit sisi kanan untuk roda 2. Perencanaan parkir untuk SSA dimana arah masuknya dari arah Simpang Lima menuju ke Jalan Ahmad Yani, dilakukan dengan dua skenario, dimana skenario kedua lebih efektif dibandingkan skenario pertama, maka skenario II, parkir mobil paralel dan parkir sudut 90° untuk roda 2, dengan skenario ini terjadi penambahan petak parkir sisi kiri sebanyak 28 petak parkir roda 4 dan 33 unit roda 2, dengan begitu jumlah petak parkir yang tersedia menjadi 86 unit untuk roda 4 dan 82 unit bagi roda 2. Khusus terkait dengan skenario perencanaan petak parkir bagi kendaraan bus ialah pada ujung jalan Sri Ratu Safiatuddin atau tepatnya sudah memasuki ruas Jalan Jend. Ahmad Yani, dimana bahu jalan yang lumayan besar maka sudut 60° kapasitas parkir yang didapat 3 petak parkir.
Kata Kunci : on street parking, SSA, pola parkir, kapasitas parkir, volume parkir

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK