//

PENGHEMATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG PERKANTORAN DINAS KEUANGAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAJAR FARIS.KA - Personal Name
SubjectELECTRIC POWER - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik (D3)
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penghematan energi listrik atau konservasi energi listrik pada gedung perkantoran belum dilaksanakan secara konsisten sebagai tindakan yang menekan penegeluaran biaya permbayaran tagihan listrik perbulannya. Pada kenyataannya dilapangan setiap individu menggunakan energi listrik tanpa memperhatikan peluang penghematan yang seharusnya dilakukan. Penelitian ini membahas tentang penggunaan energi listrik pada gedung dinas keuangan Aceh yang meliputi, audit energi, serta peluang penghematan energi dengan menerapkan peralatan listrik yang lebih hemat baik secara teknis maupun ekonomis. Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) No 10 (2005) yang menginstruksikan agar dilakukan penghematan energi di instansi – instansi pemerintah pusat ataupun daerah, serta dilakukan sosialisasi program penghematan energi listrik (DESDM, 2003). Penghematan energi listrik adalah penggunaan energi listrik secara efisien dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut; Mematikan peralatan listrik setelah selesai digunakan, Membatasi waktu pemakaian peralatan listrik, Melakukan penegcekan ulang instalasi listrik secara berkala per 10 tahun, Melakukan perbaikan faktor daya, Menggunakan peralatan listrik hemat energi. Pada laporan ini penghematan dilakukan dengan cara menekan penggunaan energi listrik, melakukan pergantian peralatan listrik yang lebih hemat lagi. Kata Kunci : penghematan energi listrik, Faktor daya

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN INSTALASI LISTRIK PADA SEBUAH GEDUNG RUKO 2 (DUA) LANTAI (Jawahir, 2018)

ANALISIS PREFERENSI PRE DAN POST PENGGUNAAN TEKNOLOGI LED TERHADAP PENGHEMATAN PENGELUARAN RUMAH TANGGA (EMMA YUNITA ARIANI, 2017)

ANALISIS KONSUMSI ENERGI LISTRIK DAN PELUANG HEMAT ENERGI DI KANTOR WALIKOTA SUBULUSSALAM (Chairul Amin, 2015)

PERHITUNGAN DAYA PADA GEDUNG DIII FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (KHAIRUL AMRI, 2018)

PENGOPERASIAN SINKRONISASI GENERATOR SET (GENSET) 300 KW PADA PT. KARYA TANAH SUBUR MEULABOH (NURHAKIMAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy