//

ANALISIS PENGEMPA BRIKET SEMI MEKANIS TIPE KEMPA ULIR TERHADAP BEBAN KERJA FISIK OPERATOR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Jamal - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL EQUIPMENT
BRIQUETTES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

MUHAMMAD JAMAL. 0705106010036. Analisis Beban Kerja Fisik Operator Pada Pengempa Briket Semi Mekanis Tipe Kempa Ulir. Dibawah bimbingan Andriani Lubis, S.TP., M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Mustaqimah, S.TP., M.Sc sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Briket merupakan suatu bahan bakar padat yang dibentuk dari hasil pencampuran pengarangan limbah organik dengan perekat dan zat-zat lain sehingga mampu berguna dalam pembakaran. Untuk membuat briket dibutuhkan alat untuk mencampur bahan-bahan pembuat briket hingga menjadi padatan yang memudahkan konsumen untuk menggunakan briket tersebut. Proses pembuatan briket membutuhkan suatu alat pengempa yang dapat mengubah bentuk limbah biomassa menjadi bahan bakar padat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beban kerja fisik pada operator pengempa briket semi mekanis tipe kempa ulir yang terlalu berat, yakni yang melebihi kapasitas kemampuan tubuh manusia dapat menimbulkan kelelahan yang dapat terakumulasi. Pada penelitian ini dilakukan penghitungan beban kerja fisik operator saat pengoperasian pengempa briket semi mekanis tipe kempa ulir menggunakan empat jenis bahan baku briket dan tiga jenis putaran, kemudian menghitung rata-rata denyut jantung operator pengempa briket, kemudian hasil dari penelitian ini dimasukkan kedalam kategori beban kerja fisik berdasarkan IRHR dan parameter fisiologis. Pengukuran beban kerja fisik pada dua orang operator dimana pengambilan data dilakukan pada saat operator dalam keadaan istirahat, pada saat melakukan step test dan pada saat melakukan pengoperasian pengempa briket. Berdasarkan nilai IRHR pada operator A pengoperasian pengempa briket semi mekanis tipe kempa ulir termasuk kedalam kategori beban kerja berat. Pada operator B pengoperasian pengempa briket semi mekanis tipe kempa ulir termasuk kedalam kategori beban kerja sedang dan berat. Berdasarkan parameter fisiologis pada pengoperasian pengempa briket semi mekanis tipe kempa ulir menggunakan 4 jenis bahan dan 3 jenis putaran oleh operator A termasuk kedalam kategori beban kerja sedang. Sedangkan pada pengoperasian pengempa briket semi mekanis tipe kempa ulir menggunakan 4 jenis bahan dan 3 jenis putaran oleh operator A termasuk kedalam kategori beban kerja ringan dan sedang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI PERFORMANSI ALAT PENGEMPA BRIKET SEMI MEKANIS TIPE KEMPA ULIR (FAKHRURRAZI, 2015)

ANALISIS ERGONOMI PADA PENGOPERASIAN MESIN PEMOTONG RUMPUT TIPE GENDONG (andi, 2014)

PERBANDINGAN PENYUWIRAN IKAN SECARA MANUAL DAN ALAT PENYUWIR UNTUK PEMBUATAN BAHAN BAKU ABON IKAN BERDASARKAN ANALISIS ERGONOMIKA (NANDA AZALIA, 2021)

ANALISIS BEBAN KERJA PADA PROSES PENGEPRASAN TANAMAN TEBU (SACCHARUM OFFICINARUM L.) LAHAN KERING DENGAN MENGGUNAKAN TRAKTOR TANGAN (Tinton Tonika Surbakti, 2015)

PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PADA INDUSTRI KONVEKSI (STUDI KASUS: CV. PEUGOT ACEH) (UZAI SINDIKO, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy