//

EVALUASI KINERJA STRUKTUR BANGUNAN KOMPOSIT BAJA-BETON DENGAN ANALISIS PUSHOVER BERDASARKAN DATA PETA GEMPA TAHUN 2012 (STUDI KASUS: GEDUNG BPJN I BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI ZUHRA SHALIHA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aceh merupakan salah satu wilayah yang rawan akan bencana gempa bumi. Sejumlah rentetan gempa dengan skala menengah ke atas terus terjadi di Aceh dalam dua dekade terakhir dan menyebabkan banyak kerusakan. Oleh karena itu, perlunya perencanaan bangunan gedung yang memenuhi standar bangunan tahan gempa. Struktur komposit yang terdiri dari profil baja dan beton menjadi salah satu solusi untuk mengatasi resiko kerusakan struktur akibat gempa bumi karena memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding berdiri sendiri sebagai struktur non-komposit. Pada perancangan ini, evaluasi kinerja struktur ditinjau berdasarkan level kinerja yang ditetapkan oleh ATC-40 menggunakan metode spektrum kapasitas. Analisis pushover berdasarkan prinsip performance-based design digunakan untuk menetapkan level kinerja. Analisis pushover dianalisa dengan cara memberikan beban statik yang ditingkatkan hingga struktur tersebut runtuh. Perancangan ini bertujuan untuk mengetahui kinerja struktur bangunan komposit baja-beton dalam bentuk nilai base shear, drift dan displacement gedung BPJN I Banda Aceh dalam merespon beban statis non-linear akibat beban gempa mengacu pada peta gempa tahun 2012 menggunakan software ETABS. Objek perancangan ini adalah gedung kantor BPJN I Banda Aceh dengan jumlah tingkat 6 lantai. Gedung ini berlokasi di daerah Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Hasil analisis pushover menunjukkan arah x base shear maksimum yang mampu ditahan oleh gedung adalah 14925,21 kN dengan displacement sebesar 169,45 mm. Sedangkan arah y, base shear maksimum adalah 13478,16 kN dengan deformasi sebesar 138,01 mm. Dapat disimpulkan level kinerja bangunan masuk ke dalam immediate occupancy (IO). Kata Kunci: Komposit baja-beton, ATC-40, analisis pushover, level kinerja, gedung BPJN I Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KINERJA STRUKTUR BANGUNAN KOMPOSIT BAJA-BETON DENGAN ANALISIS PUSHOVER BERDASARKAN DATA PETA GEMPA TAHUN 2017 (Herry Ramadhana, 2020)

ANALISIS KINERJA STRUKTUR BANGUNAN KOMPOSIT BAJA-BETON DENGAN TIME HISTORY ANALISYS BERDASARKAN PETA GEMPA 2012 (ARIF MUNANDAR, 2019)

ANALISIS KINERJA STRUKTUR BANGUNAN KOMPOSIT BAJA-BETON DENGAN ANALISIS TIME HISTORY MENGGUNAKAN PETA GEMPA 2017 (Cut Maulida, 2020)

EVALUASI KINERJA STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG SERBA GUNA KABUPATEN PIDIE JAYA AKIBAT GEMPA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS PUSHOVER (Shofiyatul Khairiyah Nasty, 2019)

EVALUASI KINERJA STRUKTUR GEDUNG BETON BERTULANG DENGAN BASE ISOLATOR MENGGUNAKAN ANALISIS BEBAN DORONG (PUSHOVER) (FITRY HASDANITA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy