//

IDENTIFIKASI LAPISAN TANAH DAN HUBUNGAN NILAI KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) DENGAN CONE RESISTANCE (QC) PADA LOKASI PASAR INDUK LAMBARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MEUTIA NADHIFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang memiliki cakupan wilayah yang sangat luas dan strategis untuk dijadikan sebagai tempat pertumbuhan bisnis ekonomi, salah satunya adalah Pasar Induk Lambaro. Perkembangan aktivitas di Pasar Induk Lambaro terus mengalami peningkatan, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar berupaya untuk melakukan penambahan fasilitas sarana dan prasarana baru berupa pembangunan gudang baru yang dibangun di atas tanah seluas 7.567,85 m2 dan tentunya memerlukan penyelidikan tanah sebagai tempat perletakan pondasi bangunan di atasnya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengidentifikasi lapisan tanah yaitu Multichannel Analysis of Surface Wave (MASW) yang menghasilkan nilai parameter kecepatan gelombang geser (Vs) dan metode Cone Penetration Test (CPT) untuk menentukan nilai tahanan konus (qc). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interpretasi jenis tanah berdasarkan nilai Vs rata-rata yaitu 88,306 m/s pada kedalaman 0-20 m, yang berdasarkan SNI 1726-2012, maka tanah pada lokasi penelitian masuk ke dalam kategori Tanah Lunak (SE). Identifikasi lapisan tanah berdasarkan nilai qc rata-rata 7,965 kg/cm2 pada kedalaman 0-20 m, yang dengan menggunakan Klasifikasi Tanah Robertson dan Campanella (1983) tanah tersebut termasuk ke dalam kategori tanah lempung lunak. Untuk hubungan nilai antara qc dan Vs dengan menggunakan semua data pengujian menghasilkan rumusan matematis berupa qc = -0.5065(Vs)2 + 89,158(Vs) - 3914,9 serta R2 sebesar 0,2344 dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,46. Hubungan matematis dengan menggunakan data uji berdasarkan kelompok data menurut konsistensi tanah lempung antara qc dan Vs menggunakan tabel konsistensi tanah lempung diperoleh korelasi hubungan yaitu qc = 3,9205(Vs) – 338,06 serta R2 sebesar 0,9596 dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,98. Kata Kunci: MASW, CPT, Kecepatan gelombang geser (Vs) dan Tahanan ujung konus (qc).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) UNTUK IDENTIFIKASI LONGSOR DI PERUMAHAN PERSAHABATAN INDONESIA – TIONGKOK, NEUHEUN, ACEH BESAR (Sailul Rizki, 2018)

KARAKTERISTIK LAPISAN PERMUKAAN DANGKAL MENGGUNAKAN GELOMBANG RAYLEIGH DI KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH (Muhammad Budi, 2015)

ANALISIS LAPISAN TANAH BERDASARKAN METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE DAN METODE CONE PENETRATION TEST (CUT ATIKA HASYA, 2019)

IDENTIFIKASI LAPISAN BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE MASW PADA LOKASI LONGSOR JALAN SIMPANG KERTAS KRAFT ACEH (SP. KKA) – BENER MERIAH KM 41 – 48 (Zulkarnen, 2018)

IDENTIFIKASI LAPISAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (RADIFAN RAMADHAN AK, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy