EVALUASI KELAYAKAN PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. FAJAR BAIZURY & BROTHERS DI KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EVALUASI KELAYAKAN PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. FAJAR BAIZURY & BROTHERS DI KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA


Pengarang

SUDIRMAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0705102010007

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.13

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini dilakukan pada PKS PT. Fajar Baizury & Brothers di Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya. Penentuan lokasi tersebut dengan pertimbangan bahwa perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut memiliki PKS yang potensial untuk pengolahan TBS. Objek penelitian terfokus pada PKS PT. Fajar Baizury & Brothers di Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya.
Ruang lingkup penelitian terbatas pada aspek finansial yang mencakup biaya investasi dan biaya operasi, serta manfaat (benefit) dari usaha PKS tersebut.
Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dari staf dan karyawan PKS melalui wawancara langsung. Sedangkan data skunder, dikumpulkan dari literatur, laporan-laporan, dan instansi-instansi terkait yang ada hubungannya dengan penelitian ini
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan , maka dapat disimpulkan: PKS PT. Fajar Baizury & Brothers dengan kapasitas 30 ton TBS/ jam di Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya layak untuk diusahakan bila ditinjau dari aspek finansial. Secara finansial berdasarkan asumsi asumsi yang digunakan, hasil analisis menunjukkan NPV bernilai positif pada discount rate 18 persen sebesar Rp. 148.389.149.000 selama 15 tahun, nilai IRR 35,85 persen, nilai B/C Ratio 2,03 dan nilai Payback Period pabrik kelapa sawit adalah 4,369 Artinya proyek pembangunan pabrik kelapa sawit ini akan mencapai titik pengembalian pada saat proyek berumur 4 tahun 4 bulan 13 hari.
Hasil analisis sensitivitas pabrik kelapa sawit (PKS) kapasitas 30 ton TBS/jam, pada indikator kenaikan biaya produksi sebesar 10 persen dan penurunan kapasitas produksi 10 persen pabrik dinyatakan layak.
Kata Kunci : PKS, Evaluasi Kelayakan, CPO dan Kernel.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK