//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FURQAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 8 Banda Aceh masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, model Problem Based Learning (PBL) diharapkan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Model PBL adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mencari solusi dari suatu masalah kontekstual. Model ini dapat diterapkan pada pembelajaran matematika khususnya pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui penerapan model Problem Based Learning di SMPN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain pre-test post-test control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelaas VIII di SMPN 8 Banda Aceh. Sampelnya adalah kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Instrumen penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk soal uraian yang terdiri dari 5 soal. Data dianalisis menggunakan uji-t pihak kanan setelah uji prasyarat terpenuhi. Hasil analisis data diperoleh thitung = 5,67 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58 maka diperoleh ttabel= 1,67. Sesuai dengan kriteria pengujuan karena thitung > ttabel maka H0 ditolak sehingga disimpulkan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional di SMPN 8 Banda Aceh. Kata kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Bangun ruang sisi datar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (masyithah, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEKS PERPISAHAN SEKOLAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (NIKE BELLINA BR G, 2019)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 1 DARUL MAKMUR NAGAN RAYA (Muhammad Arifin, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy