PENGUJIAN DISTRIBUSI BEBAN PADA SERVER APACHE MENGGUNAKAN SISTEM NETWORK LOAD BALANCING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGUJIAN DISTRIBUSI BEBAN PADA SERVER APACHE MENGGUNAKAN SISTEM NETWORK LOAD BALANCING


Pengarang

Juhri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0504105010029

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salah satu faktor pendukung berkembangnya informasi dipengaruhi oleh ketersediaan layanan jaringan yang baik. Faktor yang sangat mempengaruhi kualitas layanan jaringan adalah kehandalan sistem yang dimiliki oleh penyedia layanan (server). Dari penelitian ini akan dihasilkan sistem yang mampu membagi beban kerja ke beberapa server untuk mengurangi kerja berlebih pada satu server diakibatkan banyaknya request yang dibangkitkan client. Didesain dua topologi perbandingan pengukuran; server tunggal dan server cluster. Server cluster menggunakan Network Load Balancing (NLB), terdiri dari 2 (dua) node yang diwakili oleh sebuah alamat IP Virtual. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Httperf yang dapat membangkitkan beban secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan, request yang mampu dilayani dengan baik oleh server dengan sistem NLB adalah sebesar 720.000 request sedan gkan server tunggal hanya mampu melayani hingga 360.000 request per detik. Berdasarkao basil pengamatan disimpulkan bahwa server dengan sistem NLB lebih handal. Hal ini juga dibuktikan dari jumlah request loss NLB lebih sedikit dibandingkan server tunggal serta waktu respon yang dihasilkanjauh lebih singkat.

Kata Kunci: Server, Cluster, Network Load Balancing, Request


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK