//

PENGUJIAN DISTRIBUSI BEBAN PADA SERVER APACHE MENGGUNAKAN SISTEM NETWORK LOAD BALANCING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juhri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu faktor pendukung berkembangnya informasi dipengaruhi oleh ketersediaan layanan jaringan yang baik. Faktor yang sangat mempengaruhi kualitas layanan jaringan adalah kehandalan sistem yang dimiliki oleh penyedia layanan (server). Dari penelitian ini akan dihasilkan sistem yang mampu membagi beban kerja ke beberapa server untuk mengurangi kerja berlebih pada satu server diakibatkan banyaknya request yang dibangkitkan client. Didesain dua topologi perbandingan pengukuran; server tunggal dan server cluster. Server cluster menggunakan Network Load Balancing (NLB), terdiri dari 2 (dua) node yang diwakili oleh sebuah alamat IP Virtual. Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Httperf yang dapat membangkitkan beban secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan, request yang mampu dilayani dengan baik oleh server dengan sistem NLB adalah sebesar 720.000 request sedan gkan server tunggal hanya mampu melayani hingga 360.000 request per detik. Berdasarkao basil pengamatan disimpulkan bahwa server dengan sistem NLB lebih handal. Hal ini juga dibuktikan dari jumlah request loss NLB lebih sedikit dibandingkan server tunggal serta waktu respon yang dihasilkanjauh lebih singkat. Kata Kunci: Server, Cluster, Network Load Balancing, Request

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TEKNIK CLUSTER LOAD BALANCING PADA WEB SERVER DENGAN APACHE MOD PROXY BALANCER (Deni Fardiansyah Harahap, 2020)

PERBANDINGAN PERFORMANSI CLUSTER LOAD BALANCING PADA WEB SERVER VIRTUAL DENGAN WEB SERVER FISIK (Aufa Nur Istiqlal, 2013)

ANALISA DAN PERBANDINGAN LOAD BALANCING PADA WEB SERVER MENGGUNAKAN HAPROXY APACHE DAN HAPROXY NGINX ( STUDI KASUS : WEB SERVER DISHUBKOMINFO ACEH ) (Raditya Pratama Putra Alidha, 2017)

OPTIMALISASI PERFORMA SERVER UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) DENGAN METODE LOAD TESTING (STUDI KASUS: MAN MODEL BANDA ACEH) (AMRU SUJUD, 2019)

ANALISIS HIGH AVAILABLITY APACHE LOAD BALANCER DAN REPLIKASI MYSQL UNTUK OPTIMALISASI WEB SERVER (Mulyadi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy