Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTSS DARUL IHSAN ACEH BESAR
Pengarang
Ulima Dany - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103020014
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia berada di bawah nilai standar. Hal ini berdasarkan hasil survei PISA yang menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 64 dari total 65 negara. Pentingnya siswa memiliki kemampuan komunikasi matematika agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika dengan maksimal. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk mengembangkan kemampuan ini di sekolah. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model Discovery Learning pada pembelajaran matematika di kelas VII MTsS Darul Ihsan Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu pre experimental dengan jenis one-group pretest dan posttest group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsS Darul Ihsan Aceh Besar. Sampel penelitian yaitu Kelas VII G yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen penelitian berupa pretest dan posttest soal uraian yang terdiri dari masing-masing 5 soal. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi pembelajaran matematika di kelas VII MTsS Darul Ihsan Aceh Besar tahun ajaran 2019/2020. Hal ini terlihat pada hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan dk = 22 diperoleh thitung > ttabel atau 13,57 > 1,72 maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Discovery Learning, Segiempat dan Segitiga.
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI MAS DARUL IHSAN (IKA ZUHRATUL KHAIRI, 2019)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)
KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (RISFAN ZAKI, 2021)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Mirunnisa, 2016)