//

GAMBARAN KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN OBAT TRADISIONAL PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAIRA HARVIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

GAMBARAN KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN OBAT TRADISIONAL PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH BANDA ACEH 2020 ABSTRAK Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dengan prevalensi tinggi terjadi di dunia adalah hipertensi. Penatalaksanaan yang dapat dilakukan oleh pasien hipertensi adalah menggunakan bahan alam (obat tradisional) yang menurunkan tekanan darah pasien hipertensi. Dalam penggunaan obat tradisional, kepercayaan dan pengetahuan tentang obat tradisional sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan kepercayaan penggunaan obat tradisional berdasarkan tekanan darah pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas batoh Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi restrospektif menggunakan design cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Batoh berjumlah 768 orang. Jumlah sampel di tetapkan berdasarkan purposive sampling sebanyak 104 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui Google form. Data penelitian dianalisis menggunakan sistem komputerisasi dengan hasil penelitian didapatkan bahwa gambaran kepercayaan pasien hipertensi derajat 1 paling banyak berada pada katagori baik (60,60%). Hipertensi derajat 2 paling banyak berada pada katagori baik (15,4%). Pasien hipertensi derajat 3 paling banyak berada pada katagori baik (4,8%) terhadap penggunaan obat tradisional. Gambaran Pengetahuan pasien hipertensi derajat 1 paling banyak berada pada katagori cukup (37,5%). Pasien hipertensi derajat 2 paling banyak berada pada katagori cukup (9,6%). Pasien hipertensi derajat 3 paling banyak berada pada katagori cukup (2,9%) dan katagori baik (2,9%) terhadap penggunaan obat tradisional. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian responden memilki kepercayaan baik (80,8%) dan pengetahuan cukup (50,0%) terhadap penggunaan obat tradisional. Direkomendasikan kepada petugas kesehatan untuk memberikan edukasi mengenai penggunaan obat tradisional pada pasien hipertensi serta kandungan yang ada pada jenis obat tradisional tersebut. Kata Kunci : Hipertensi, Kepercayaan, Pengetahuan, Obat Tradisional

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN SWAMEDIKASI TERHADAP RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT PASIEN LANJUT USIA DI BEBERAPA APOTEK WILAYAH BANDA ACEH (Shara Yunita, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA LANSIA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR (SITI IFROHATIS, 2019)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN HIPERTENSI DIRNPUSKESMAS BATOH KECAMATAN LHUENG BATA BANDA ACEH (Syifa Munawarah, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS PANTE RAYA KABUPATEN BENER MERIAH PERIODE BULAN AGUSTUS 2020 (CHESY OETY OTAWA, 2020)

HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (KHAIRUL MUSTAFA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy