PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 3 BANDA ACEH


Pengarang

Rahmah Fitra Ulfa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104040023

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas IV SDN 3 Banda Aceh. Scramble merupakan tipe pembelajaran dari model Kooperatif yang prosesnya yakni terdapat soal dan jawaban yang telah disediakan namun disusun secara acak sehingga siswa harus jeli untuk menyelesaikannya. Model Scramble dapat diterapkan pada materi operasi hitung bilangan cacah yang mana soal dan jawaban disediakan dengan susunan acak sehingga tugas siswa mencocokkannya sesuai operasi hitung yang diminta pada soal.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya yaitu pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 3 Banda Aceh kelas IV Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive sampling dari ketiga kelas IV/A, B, dan C dipilih kelas IV/C dengan jumlah 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, deviasi pretest posttest, dan pengujian hipotesis dengan uji-t, yaitu uji-t pihak kanan.
Data diolah melalui statistik uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05. Hasil pengujian hipotesis uji-t diperoleh thitung sebesar 19,5 lebih besar dari ttabel sebesar 1,7 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas IV SDN 3 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK