Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 3 BANDA ACEH
Pengarang
Rahmah Fitra Ulfa - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606104040023
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas IV SDN 3 Banda Aceh. Scramble merupakan tipe pembelajaran dari model Kooperatif yang prosesnya yakni terdapat soal dan jawaban yang telah disediakan namun disusun secara acak sehingga siswa harus jeli untuk menyelesaikannya. Model Scramble dapat diterapkan pada materi operasi hitung bilangan cacah yang mana soal dan jawaban disediakan dengan susunan acak sehingga tugas siswa mencocokkannya sesuai operasi hitung yang diminta pada soal.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya yaitu pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 3 Banda Aceh kelas IV Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive sampling dari ketiga kelas IV/A, B, dan C dipilih kelas IV/C dengan jumlah 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, deviasi pretest posttest, dan pengujian hipotesis dengan uji-t, yaitu uji-t pihak kanan.
Data diolah melalui statistik uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05. Hasil pengujian hipotesis uji-t diperoleh thitung sebesar 19,5 lebih besar dari ttabel sebesar 1,7 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas IV SDN 3 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH (Azalia Chaira, 2014)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 56 BANDA ACEH (Nuril Khalis Rizal, 2021)
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (RAHMI, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATERI MINYAK BUMI DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Junita, 2021)