//

PENGARUH PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI PADA FKIP EKONOMI UNSYIAH (SUATU STUDI PADA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairul Mubarak - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mubarak, Khairul. 2020. Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada FKIP Ekonomi Unsyiah (Suatu Studi Pada SMA Negeri Di Kota Banda Aceh). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Musfiana, M.M (2) Irma Anggraini, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Prestasi Belajar, Minat Melanjutkan Studi Penelitian ini mempunyai permasalahan bahwa terdapat sebagian siswa yang berminat ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi khususnya FKIP pendidikan ekonomi, namun masih ada juga siswa yang tidak berminat untuk melanjutkan pendidikan mereka. Faktor kondisi prestasi belajar siswa yang diperolehnya saat jenjang SMA menjadi salah satu sebab siswa tidak berminat untuk melanjutkan pendidikannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi terhadap minat melanjutkan studi pada FKIP ekonomi Unsyiah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa jurusan IPS yang berjumlah 85 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi, serta uji t untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis data yang di peroleh, hasil koefisien korelasi r = 0,455 yang berarti korelasi antara variabel prestasi belajar siswa dengan variabel minat melanjutkan studi dikategorikan cukup. Nilai koefisien determinasi menunjukan pengaruh dari prestasi belajar siswa terhadap minat melanjutkan studi sebesar 0,207 atau 20,7%. Selanjutnya uji t pada taraf signifikasi 5% diperoleh hasil thitung 4,649 > ttabel 1,989. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajaar siswa dalam mata pelajaran ekonomi terhadap minat melanjutkan studi pada FKIP ekonomi Unsyiah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN MODAL BANGSA DAN SMA LABORATORIUM UNSYIAH (EKA MAWARNI, 2016)

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 1 BEUTONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Intan Sawani, 2018)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI SMAN 1 SIMEULUE CUT (Yogi Farmesa, 2016)

ANALISIS KORESPONDENSI BERGANDA DALAM MENGGAMBARKAN KARAKTERISTIK FAKTOR MINAT SISWA SMA NEGERI BANDA ACEH UNTUK MELANJUTKAN STUDI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (LATHIFAH SETIAWAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy