KENDALA GURU DALAM MENANGANI ANAK SLOW LEARNER DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KENDALA GURU DALAM MENANGANI ANAK SLOW LEARNER DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

Safrina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104040033

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Safrina. 2020. Kendala Guru dalam Menangani Anak Slow Learner di SD Negeri 3
Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Hajidin, M.Pd (2) Drs. M. Husin, M.Pd
Kata Kunci: Kendala Guru, Anak Slow Learner
Slow learner adalah anak yang memiliki prestasi belajar rendah (di bawah ratarata
anak
pada
umumnya)
pada
salah
satu
atau
seluruh
akademik,
namun
bukan

tergolong

anak keterbelakangan mental. Anak slow learner memiliki
kemampuan belajar yang lebih lambat dibandingkan dengan teman sebayanya.
Peserta didik yang lambat dalam proses belajar ini membutuhkan waktu yang
lebih lama dibandingkan sekelompok peserta didik lain yang memiliki taraf
potensi intelektual yang sama. Penelitian ini akan mengangkat masalah apakah
kendala guru dalam menangani anak slow learner di SD Negeri 3 Banda Aceh.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kendala guru dalam
menangani anak slow learner di SD Negeri 3 Banda Aceh dan untuk
mengetahui apa solusinya. Kemudian subjek dalam penelitian ini yaitu 5 orang
guru dan 7 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Untuk mengolah data
menggunakan reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Banda Aceh
maka dapat disimpulkan bahwa kendala guru dalam menangani anak slow
learner di SD Negeri 3 Banda Aceh yaitu, pertama; dikarenakan sekolah
tersebut sekolah inklusi dimana anak slow learner disatukan dengan anak
normal lainnya. Kedua; anak slow learner tidak dapat menguasai materi
pembelajaran seperti anak pada umumnya. Ketiga; anak slow learner
membutuhkan bimbingan khusus. Keempat; tidak ada guru khusus yang
mendampingi anak slow learner. Kelima; guru bukan lulusan dari pendidikan
anak berkebutuhan khusus. Keenam; sebagian besar guru belum pernah
mendapatkan pelatihan bagaimana cara menangani anak berkebutuhan khusus
(ABK) khususnya anak slow learner. Ketujuh; sekolah tidak mendapatkan
fasilitas khusus seperti tersedianya media pembelajaran bagi anak
berkebutuhan khusus (ABK) khususnya anak slow learner. Kedelapan; orang
tua tidak mau anaknya disebut anak berkebutuhan khusus (ABK) sehingga
tidak ada kerjasama antara guru dengan orang tua dalam menangani anak slow
learner tersebut.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK