//

INVENTARISASI DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI PULAU TUANGKU KECAMATAN PULAU BANYAK BARAT KABUPATEN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sarvina Sulastri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aktivitas kunjungan wisatawan di Pulau Tuangku dapat mengakibatkan area-area bervegetasi yang merupakan habitat burung yang paling penting semakin berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk inventarisasi jenis burung yang terdapat di Pulau Tuangku dan mengetahui indeks keanekaragaman burung di Pulau Tuangku. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi lapangan (field method)) menggunakan teknik Line Transect. Lokasi penelitian terbagi menjadi tiga stasiun. Stasiun I (kawasan pemukiman), Stasiun II (kawasan pantai) dan Stasiun III (kawasan hutan) dengan masing-masing stasiun terdapat 5 garis transek. Data dianalisis menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Wiener, kemudian dilanjutkan dengan analisis data secara deskriptif yang meliputi deskripsi burung, gambar dan hierarki taksonomi. Pengumpulan data lapangan dilakukan pada tanggal 11 sampai dengan 16 Oktober 2019. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebanyak 24 jenis burung yang diklasifikasikan ke dalam 7 ordo dan 18 familia. Keanekaragaman burung di Pulau Tuangku Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil termasuk kategori tinggi dengan nilai indeks keanekargaman 3,0310.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI KAWASAN MATA IE KECAMATAN DARUL IMARAH DAN DI GAMPONG IBOIH PULAU WEH SABANG (Raudhatul Husna, 2014)

KERAJINAN AKAR BAHAR DI DESA PULAU BALAI KECAMATAN PULAU BANYAK KABUPATEN ACEH SINGKIL (RIDHA MAGHFIRAH, 2019)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA (BULU BABI) DI PERAIRAN PESISIR PANTAI TELUK NIBUNG KECAMATAN PULAU BANYAK KABUPATEN ACEH SINGKIL (Ibrahim, 2017)

KEANEKARAGAMAN DAN DISTRIBUSI KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA : RHOPALOCERA) PADA PULAU-PULAU TERLUAR DI KABUPATEN ACEH JAYA (Muhammad Yusuf, 2019)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINODERMATA DI PERAIRAN DANGKAL PULAU PANDANG KABUPATEN BATU BARA PROVINSI SUMATERA UTARA (Melvia Yundha C.s, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy