Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) KELAS III SD NEGERI LAMBLANG KECAMATAN KUTA BARO ACEH BESAR
Pengarang
Zuiyina Lil Insi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606104040032
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Zuiyina Lil Insi. 2020. Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Kelas III SD Negeri Lamblang Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing :
(1) Dra. Rosma Elly, M.Pd., (2) Dr. Hajidin, M.Pd.
Kata Kunci:Kreativitas, Guru, SBdP.
Kreativitas guru dalam pembelajaran SBdP harus dilaksanakan secara optimal dengan menggunakan semua kegiatan atau komponen-komponen yang harus diterapkan oleh guru dalam pembelajaran, terkhususnya pada materi karya seni dekoratif di kelas III. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kreativitas guru dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kelas III SD Negeri Lamblang Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Kelas III SD Negeri Lamblang Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul diolah dengan tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Kelas III SD Negeri Lamblang Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar sudah termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari cara guru menerapkan langkah-langkah pembelajaran, mulai dari persiapan mengajar sampai dengan penutup pembelajaran. Ada beberapa komponenpembelajaran guru belum optimal dalam melaksanakannya yaitu memberikan motivasi belajar peserta didik, mengajukan pertanyaan yang mengaitkan materi dengan pembelajaran sebelumnya, dan memberikan penguatan terhadap materi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran karya seni dekoratif yang dilaksanakan oleh guru sudah termasuk kategori baik. Hanya saja ada beberapa komponen mengajar yang masih kurang dilaksanakan oleh guru atau termasuk kategori cukup. Hasil kreativitas guru terlihat dari pelaksanaan media pembelajaran yang telah dipersiapkan guru. Dan adanya solusi ketika mengalami kendala dalam proses pembuatan karya seni dekoratif, guru menambah metode pembelajaran menjadi metode kelompok.
Tidak Tersedia Deskripsi
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V DENGAN TEKNIK MEMBATIK JUMPUTAN PADA PEMBELAJARAN SBDP DI SD NEGERI LAMBLANG ACEH BESAR (WINDA DAMAYANTI, 2020)
PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN SBDP (SENI BUDAYA DAN PRAKARYA) PADA MATERI SENI TARI DI SD SE-KECAMATAN BINTANGKABUPATEN ACEH TENGAH (SUS ARMADANI, 2015)
KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN SBDP PADA MATERI KERAJINAN MOZAIK DI KELAS IV SD NEGERI LAMBLANG ACEH BESAR (Indah Fajari, 2020)
KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SBDP MELALUI KARYA MAKRAME PADA PESERTA DIDIK DI KELAS 5 SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (RICHA TIARMA, 2021)
PERSEPSI GURU TENTANG MATA PELAJARAN SBDP DALAM KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (INA NILLAILI, 2018)