//

PERBANDINGAN KADARLAKTAT YANG TINGGI DENGAN KADAR LAKTAT YANG RENDAH TERHADAP KESINTASAN PASIEN SEPSIS BERAT YANG DISEBABKAN OLEH PNEUMONIA RNDI RSUD DR. ZAINOELABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eva Musdalita - Personal Name
SubjectPNEUMONIA-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Laktat adalah hasil metabolisme akhir glukosa dalam keadaan anaerob yang merupakan parameter laboratoris yang memiliki nilai klinis yang sangat besar, mudah,dan relatif murah di dalam evaluasi penanganan pasien dengan sepsis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesintasan antara pasien dengan kadar laktat tinggi dan kelompok pasien dengan kadar laktat yang rendah pada pasien sepsis berat yang disebabkan pneumonia. Penelitian dilakukan secara kohort prospektif sejak November 2013 – Maret 2014 diruang rawat penyakit dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pada 46 subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok, 23 orang pasien termasuk dalam kelompok laktat tinggi (>4 mmol/l) dan 23 orang dalam kelompok laktat rendah (2-4 mmol/l),subjek diikuti 10 hari kematian. Analisis kesintasan digunakan untuk melihat perbedaan kesintasan pada kedua kelompok, data disajikan dalam bentuk kurva Kapplan Meier. Hazard Rasio dihitung menggunakan Cox regression model dan analisis perancu dilakukan dengan menggunakan multivariate cox regression. Hasil penelitian ini mendapatkan laju kesintasan (SurvivalRate) pada kelompok pasien dengan kadar laktat tinggi adalah sebesar 21,7% dan pada kelompok pasien dengan kadar laktat rendah sebesar 78,3% dengan Hazard Rasio sebesar 6,00 (IK95%; 2,21 – 16,33); p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN PROCALCITONIN UNTUK MENILAI DERAJAT SEPSIS PADA PASIEN PNEUMONIA (Wachyoe Hadi Saputra, 2014)

PERAN KADAR BERSIHAN LAKTAT SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS SEPULUH HARI PERTAMA PADA PASIEN SEPSIS BERAT DI RSUD. DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Maulina Debbyousha, 2015)

ANALISIS KADAR PROKALSITONIN PADA SEPSIS AKIBAT PNEUMONIA TERHADAP MORTALITAS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Aidil Syahputra, 2021)

HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN PNEUMONIA KOMUNITAS BERDASARKAN CURB-65 YANG DISERTAI SEPSIS DAN NON SEPSIS DENGAN KADAR PROKALSITONIN (dr. Abdul Aziz Mubarok, 2020)

ANALISA KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (TRISIA WELNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy