STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DPD TINGKAT I PARTAI GOLKAR PROVINSI ACEH DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DPD TINGKAT I PARTAI GOLKAR PROVINSI ACEH DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014


Pengarang

Asmaul Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1010102010062

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

320.014

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dalam negara demokrasi, Pemilihan Umum menjadi ajang paling massif, bebas, dan adil untuk menentukan partai dan tokoh yang berhak mewakili rakyat. Pada tahun 2009 Bangsa Indonesia telah mengadakan Pemilihan Umum untuk kesepuluh kalinya semenjak merdeka. Berbeda dengan Pemilihan Umum sebelumnya, Pemilihan Umum 2009 merupakan babak baru dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Untuk pertama kalinya rakyat Indonesia memilih presiden secara langsung, bebas, dan terbuka. Pada Pemilihan Umum 2014 kali ini, salah satu kontestan yang turut ambil bagian adalah Partai Golongan Karya (Golkar). Sebagai partai politik, Partai Golkar dituntut untuk bersaing dengan partai lain dengan menerapkan berbagai metode yang dapat memfasilitasi partai mereka dalam memaparkan inisiatif politik, gagasan politik, isu politik, ideologi politik partai, karakteristik pemimpin partai, dan program kerja partai kepada masyarakat, dan strategi komunikasi politik merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah partai politik dalam memenangkan Pemilihan Umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh DPD Tingkat I Partai Golkar Provinsi Aceh dalam upaya pemenangan Pemilihan Umum Legislatif 2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori political marketing milik Less-Marshement dan milik Nursal, dimana pada teori tersebut menjelaskan mengenai strategi pemasaran dari sebuah partai politik guna memasarkan produk politiknya. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dimana hasil penelitian lebih bersifat kontekstual dan kasusistik, yang berlaku pada waktu dan tempat tertentu sewaktu penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh DPD Tingkat I Partai Golkar Provinsi Aceh adalah dengan membentuk lembaga kaderisasi di bawah naungan partai yang memberikan pelatihan kepemimpinan, pendidikan politik, dan penataan struktur kepada para kader baru secara intensif, melakukan rekruitmen kader-kader yang berkualitas melalui sistem prestasi, memperkuat manajemen konsolidasi internal maupun eksternal partai, meningkatkan proses pendidikan dan komunikasi politik yang dialogis dan partisipatif, melakukan kampanye dengan menggunakan media massa cetak, outdoor dan social media, mengadakan kampanye dialogis terbuka dengan penonjolan unsur ketokohan, serta pendekatan dengan putra daerah dan tokoh-tokoh lokal dengan mengangkat isu-isu ekonomi kerakyatan dan pembangunan dari desa.


Kata kunci: Partai Golkar Aceh, Strategi Komunikasi Politik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK