PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LAMBLANG ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LAMBLANG ACEH BESAR


Pengarang

Iryani Widiastuti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104040022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Widiastuti, Iryani. 2020. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SDN Lamblang Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
Dra. Monawati, M. Pd., 2) Drs. Bachtiar, M. Pd.
Kata kunci :model Discovery Learning, keliling dan luas bangun datar, hasil belajar
Model Discovery Learning mempermudah siswa untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, makahasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Dengan belajar penemuan, siswa juga bisa belajar berpikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri masalah yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning pada materi keliling dan luas bangun datar siswa mencapai ketuntasan hasil belajar di kelas IV SDN Lamblang Aceh Besar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan model One Shot Case Study. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas IV SD Negeri Lamblang yang terdiri dari 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling atau sampling jenuh yaitu berjumlah 20 siswa di kelas IV SD Lamblang . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa Post-Test dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan.
Hasil peneitian menunjukan bahwa dengan tarafsignifikan ? = 0,05 dan dk = n – 1 = 20 - 1 = 19, maka daftar distribusi t dengan t_((1-?(dk)))=t_((1-0,05(19)))=t_((0,95(19)))=1,73 karena? t?_(hitung )>t_(tabel )yaitu 2,12 > 1,73. maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Lamblang Aceh Besar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK