Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LAMBLANG ACEH BESAR
Pengarang
Iryani Widiastuti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606104040022
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Widiastuti, Iryani. 2020. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SDN Lamblang Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
Dra. Monawati, M. Pd., 2) Drs. Bachtiar, M. Pd.
Kata kunci :model Discovery Learning, keliling dan luas bangun datar, hasil belajar
Model Discovery Learning mempermudah siswa untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, makahasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Dengan belajar penemuan, siswa juga bisa belajar berpikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri masalah yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning pada materi keliling dan luas bangun datar siswa mencapai ketuntasan hasil belajar di kelas IV SDN Lamblang Aceh Besar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan model One Shot Case Study. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas IV SD Negeri Lamblang yang terdiri dari 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling atau sampling jenuh yaitu berjumlah 20 siswa di kelas IV SD Lamblang . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa Post-Test dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan.
Hasil peneitian menunjukan bahwa dengan tarafsignifikan ? = 0,05 dan dk = n – 1 = 20 - 1 = 19, maka daftar distribusi t dengan t_((1-?(dk)))=t_((1-0,05(19)))=t_((0,95(19)))=1,73 karena? t?_(hitung )>t_(tabel )yaitu 2,12 > 1,73. maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Lamblang Aceh Besar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (TUTIA FITRI, 2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (NUZUL KURYANI, 2014)
IMPLEMENTASI MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN GUE GAJAH KAB. ACEH BESAR (NURUL RAHMI, 2020)
PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR RNMENGGUNAKAN MEDIA KIT MATEMATIKA RNDI KELAS III A SEKOLAH DASAR RNNEGERI 16 BANDA ACEH (Nurhanif, 2015)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENEREPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Nurullita, 2014)