//

PENGARUH PENGATURAN PANEN TERHADAP VOLUME PRODUKSI TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT DI PT.SEMADAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIRA MEUTIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

PT.Semadam merupakan perusahan perkebunan yang mengusahakan dua tanaman yaitu kelapa sawit dan karet yang terletak di Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Pada tanaman kelapa sawit terdapat 2 Afdeling dengan luas lahan 815,36 ha. Panen merupakan salah satu kegiatan pada perkebunan kelapa sawit yang sangat menentukan tingkat produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang dihasilkan. Maka dari itu, pada kegiatan pemanenan kelapa sawit perlu dilakukan pengaturan panen agar produksi yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengaturan panen terhadap volume produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di PT.Semadam selama 5 tahun (2015-2019). Adapun tujuan khususnya yaitu melihat pengaruh rotasi panen, tahun tanam, interaksi antara tahun tanam dengan rotasi panen serta interaksi masa trek dengan rotasi panen terhadap volume produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di PT.Semadam. Pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari PT.Semadam, serta beberapa literatur yang berkaitan dengan judul penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis Two Way Anova dan dilanjutkan dengan Uji Tukey apabila nilai pada uji Two Way ANOVA didapatkan signifikan. Adapun aplikasi yang digunakan pada analisis ini yaitu menggunakan SPSS. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel rotasi panen dan tahun tanam terhadap volume TBS. Pada interaksi tahun tanam dengan rotasi panen nilai signifikan hanya terdapat pada 2 tahun, dan 3 tahun lainnya tidak signifikan. Interaksi masa trek dengan rotasi panen didapatkan nilai yang signifikan pada 4 tahun produksi, sedangkan pada tahun produksi 2016 nilai yang didapatkan tidak signifikan. Nilai yang signifikan menandakan adanya pengaruh antar variabel yang diteliti. Pada perusahaan perkebunan PT.Semadam harus selalu melakukan pengawasan dan pengelolaan panen oleh pelaksana kerja harus benar-benar berjalan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan perusahaan, seperti pemanen mengikuti basis tugas yang telah ditetapkan serta mengikuti kriteria matang panen agar produksi kelapa sawit yang dihasilkan tidak hanya baik dari kuantitas tapi juga baik dari segi kualitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PANEN DI PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. PARASAWITARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (Rachmat Al Amami N, 2014)

UJI PERFORMANSI GEROBAK SORONG BERMESIN UNTUK PENGANGKUTAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT (Al-Qudri, 2015)

ANALISIS PENGUJIAN NILAI KALOR LIMBAH PADAT KELAPA SAWIT PADA PT.SYAUKATH SEJAHTERA UNTUK BAHAN BAKAR BOILER (Muammar Saputra, 2015)

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP TENAGA KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT PADA PT. SEMADAM KABUPATEN ACEH TAMIANG (Tia Maulida, 2018)

ANALISIS OPTIMALISASI PENGADAAN TANDAN BUAH SEGAR SEBAGAI BAHAN BAKU INDUSTRI PENGOLAHAN CRUDE PALM OIL (CPO) DAN KERNEL DI PABRIK KELAPA SAWIT PT. MOPOLI RAYA (QURATUL SYUKRAKA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy