//

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA HT-PHY PADA NS-3 DAN HT-PHY 802.11N PADA MIKROTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Salman Ardiansyah Manik - Personal Name
SubjectCOMPUTER ENGINEERING
PROTOCOLS-COMPUTER COMMUNICATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, kebutuhan akan jaringan nirkabel sebagai media komunikasi dan pertukaran data semakin meningkat. Diikuti dengan kebutuhan akan throughput bandwidth yang semakin tinggi juga. Di dalam penelitian ini penulis akan melakukan ananlisis kinerja lapisan HT-PHY pada IEEE 802.11n menggunakan NS-3(Network Simulator 3). HT-PHY atau lapisan High Throughput PHY ini menggunakan sistem transmisi MIMO(Multiple Input Multiple Output). Dimana data rate bisa mencapai 600 Mbps, Guard Interval 400/800 ns dan bandwidth kanal 20/40 Mhz. Sedangkan Network Simulator(NS-3) adalah sebuah simulator dari sebuah jaringan yang ditujukan untuk penggunaan percobaan, pengembangan, dan keperluan pendidikan NS-3 berlisensi GNU GPLv2, sehingga software ini opensource dan bebas untuk di distribusikan. NS-3 ditulis dengan menggunakan bahasa C++ dan python dan source code-nya juga tersedia. File simulasi yang akan di eksekusi ditulis menggunakan bahasa C++. Ada beberapa parameter yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu throughput, delay dan packet loss. Dimana akan diterapkan di protokol UDP dengan ukuran paket yang berbeda dengan waktu pengujian yang sama untuk setiap pengujian. Tujuannya adalah menganalisis kinerja HT-PHY pada NS-3 dan HT-PHY 802.11n pada mikrotik dari hasil pengujian yang dilakukan. Dimana dari hasil pengujian didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa pengujian dengan menggunakan bandwidth 20 MHz maupun 40 MHz menghasilkan nilai throughput yang semakin besar jika ukuran paketnya juga besar. Namun throughput yang dihasilkan dari pengujian dengan menggunakan frekuensi 40 MHz lebih besar dibandingkan dengan menggunakan frekuensi 20 MHz.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERFORMANCE ANALYSIS OF COMPUTER CLUSTERS AND NON-CLUSTER (Aridhatullah, 2015)

HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN KOMPUTER DENGAN KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) PADA PEGAWAI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH. (Rica Afdalia, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN PERSONAL COMPUTER DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Joni, 2021)

PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN COMPUTER SELF EFFICACY TERHADAP PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK BRIZZI DI KOTA BANDA ACEH (dwi wijayanti, 2017)

TECHNIQUES IN TEACHING ENGLISH FOR ESP STUDENTS (A DESCRIPTIVE STUDY AT STATE POLYTECHNIC LHOKSEUMAWE) (FATMAWATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy