//

ANALISIS SEKTOR PERTANIAN DAN KOMODITI UNGGULAN KABUPATEN ACEH TENGAH DALAM PEREKONOMIAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muslimah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Sektor Pertanian dan Komoditi Unggulan Kabupaten Aceh Tengah dalam Perekonomian Aceh Nama :Muslimah NIM : 1401101010008 Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Dosen Pembimbing : Zulkifli, S.E., M.Si. Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk menganalisis tingkat perkembangan sektor pertanian Kabupaten Aceh Tengah dan mengidentifikasi komoditas pertanian yang dapat menjadi unggulan daerah di Kabupaten Aceh Tengah.Penelitian ini dilakukan diKabupaten Aceh Tengah. Data yang digunakan adalah data PDRB sektor pertanian Provinsi Aceh, data PDRB sektor pertanian kabupaten Aceh Tengah,rata- rata laju pertumbuhan PDRB Provinsi Aceh dan rata-rata laju pertumbuhan kabupaten Aceh Tengah. Penetapan ini akan ditinjau dengan menggunakan Tipologi Klassen untuk menganalisis tingkat perkembangan sektor pertanian dan menggunakan Location Qoetient (LQ)untuk menentukan komoditas unggulan. Hasil analisis dari tingkat perkembangan sektor pertanian Kabupaten Aceh Tengah dal am perekonomian Provinsi Aceh sudah tergolong maju namun tertekan (developed sector) dan dari seluruh sektor pertanian di Kabupaten Aceh Tengah di tempati pada tanaman perkebunan yaitu kopi dan tebu. Sektor pertanian Kabupaten Aceh Tengah akan menjadi sektor maju dan tumbuh pesat di Provinsi Aceh, jika meningkatkan laju pertumbuhan PDRB sektor pertanian, lebih tinggi dari laju pertumbuhan PDRB Provinsi Aceh dan Petani dan dunia usaha perlu lebih meningkatkan nilai tambah (value added) komoditi unggulan pangan, sayur-sayuran dan buah-buahan melalui proses pengolahan produk (diversifikasi vertikal) sehingga kontribusi dan laju pertumbuhannya semakin meningkat pada perekonomian PDRB Kabupaten Aceh Tengah. Kata kunci: Rata-Rata Kontribusi PDRB, Rata-Rata Laju Pertumbuhan, Produksi Pertanian, dan Total Produksi Pertanian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH BESAR (PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT DAN SHIFT SHARE ANALYSIS) (NABILA UMAMI OCTARIYADI, 2021)

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN KOMODITI ANDALAN DI SEKTOR PERTANIAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH BESAR (FAHRUDDIN, 2020)

ANALISIS KOMODITI UNGGULAN TANAMAN HORTIKULTURA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Arini Rezeki, 2015)

PENETAPAN KAWASAN EKONOMI ANDALAN DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Irwanto, 2021)

ANALISIS PENENTUAN SEKTOR UNGGULAN KABUPATEN PIDIE (IBNU ABBAS, ST, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy