//

PENGARUH EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS PADA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK HEAT CURED

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAZA YUNDA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Candida albicans dapat berpenetrasi pada resin akrilik dan berkembangbiak pada gigi tiruan sehingga dapat menginfeksi jaringan lunak dan menyebabkan denture stomatitis. Lidah buaya (Aloe vera L.) memiliki sifat anti jamur yang menurut penelitian efektif untuk menghambat pertumbuhan Candida albicans. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lidah buaya (Aloe vera L.) sebagai pembersih gigi tiruan terhadap jumlah Candida albicans pada basis gigi tiruan resin akrilik heat cured. Subjek penelitian diinkubasi dalam suspensi Candida albicans selama 24 jam pada suhu 37°C. Subjek penelitian dibagi menjadi 3 kelompok yang setiap kelompok dibagi berdasarkan kelompok yang direndam dalam ekstrak lidah buaya (Aloe vera L.) konsentrasi 75%, ekstrak lidah buaya (Aloe vera L.) konsentrasi 100% dan akuades sebagai kelompok kontrol. Setelah diberi perlakuan, spesimen tersebut dimasukkan ke dalam tabung reaksi yang berisi NaCl 0,9% 10 ml dan digetarkan dengan vortex selama 30 detik, kemudian 0,1 ml dari larutan tersebut dibenihkan ke dalam Sabouraud Dextrose Agar. Data dianalisis dengan menggunakan uji Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ekstrak lidah buaya (Aloe vera L.) sebagai pembersih gigi tiruan terhadap pengurangan jumlah Candida albicans pada basis gigi tiruan resin akrilik heat cured.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) 35 % TERHADAP RNPERUBAHAN DIMENSI (Jamal Wahdi, 2014)

PENGARUH EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (M NAUFAL ASYRAF, 2017)

PERBANDINGAN STABILITAS WARNA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DAN TERMOPLASTIK NILON SETELAH PERENDAMAN DALAM MINUMAN KOPI ULEE KARENG (deri juanda, 2015)

PERBANDINGAN KOLONI CANDIDA SP. DARI KULTUR VOLUME KUMURAN PEMAKAI GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN RESIN AKRILIK HEAT-CURED DAN SELF-CURED (PRATIWI BUNJAMIN, 2015)

PENGARUH PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM EKSTRAK METANOL BIJI PINANG (ARECA CATECHU L) 20% TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN (Dwi Nurfitri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy