IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA


Pengarang

SORAYA ULFAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706203010032

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Soraya Ulfah : Implementasi Modul Berbasis Saintifik Dipadukan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,
Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMAN Aceh Barat Daya.

Pembimbing I. Dr. Safrida, M.Si, Pembimbing II. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd.

ABSTRAK

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui implementasi modul berbasis saintifik dipadukan discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah 148 peserta didik kelas XI SMAN di dua Sekolah Menengah Atas. Data kemampuan berpikir kritis, motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan statistik parametrik, yaitu uji beda dua rata-rata skor pretes dan postes dengan normalisasi gain (n-gain) dengan menggunakan paired sample t-test. Untuk mengetahui tingkat hubungan keterampilan berpikir kritis, motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan yaitu 65%, motivasi belajar sebesar 50% dan hasil belajar sebesar 88%. Adanya korelasi yang sangat kuat antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik sebesar 0,85 dan adanya korelasi yang kuat antara keterampilan berpikir kritis dengan motivasi belajar sebesar 0,69. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi modul berbasis saintifik dipadukan discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Modul Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK