//

PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMARN(SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teza Nia Rianti - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: keterampilan sosial, siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler. Keterampilan sosial merupakan bentuk perilaku, perbuatan dan sikap yang ditampilkan oleh individu ketika berinteraksi dengan orang lain disertai ketepatan dan kecepatan sehingga memberikan kenyamanan bagi orang yang berada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler serta perbedaan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 3 Kota Banda Aceh berjumlah 789 siswa, terdiri 749 siswa kelas reguler dan 40 siswa kelas akselerasi, sampel penelitian berjumlah 80 siswa. 40 siswa kelas reguler dan 40 orang siswa kelas akselerasi dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, hasilnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil yang diperoleh ternyata siswa kelas akselerasi memiliki keterampilan sosial sebesar 62,5%, artinya siswa pada kelas akselerasi kurang berkesempatan untuk bergaul dan berinteraksi dengan teman karena dituntut untuk selalu berhadapan dengan materi pelajaran. Sedangkan siswa kelas reguler memiliki keterampilan sosial sebesar 67,5%. Artinya, bahwa mereka tidak terlalu terbebani dengan tugas-tugas sekolah, dan waktu yang mereka gunakan untuk berinteraksi juga lebih banyak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan sosial yang nyata dan signifikan antara siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas reguler di SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh terbukti dengan nilai thitung > ttable (3,320> 1,991).Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengkaji lebih lanjut dan mendalami kaitan antara keterampilan sosial siswa dengan hasil belajar yang dicapai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH (DARA ANTIKA, 2020)

PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SISWA KELAS XII IPA AKSELERASI DENGAN KELAS XII IPA REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR PADA MATERI STOIKIOMETRI RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Rahmad Rizki Fazli, 2014)

PERBANDINGAN MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR ANTARA SISWA AKSELERASI DENGAN SISWA REGULER PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Rifa Muliani, 2021)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER UNGGULAN SEKOLAH RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (SUATU PENELITIAN TERHADAP SISWA DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012) (Sofianur, 2021)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (ANA MARIANA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy